Senin, 18 Desember 2017 | 17:49

Juni Wati : Penggunaan Dana Desa Jangan Timbulkan Masalah

INFOJAMBI.COM – Anggota Ketua Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Juniwati Mascjhun Sofwan mengingatkan seluruh kepala desa agar bersikap hati-hati dalam penggunaan dana desa jangan sampai menimbulkan masalah. Sebab tujuan dana desa adalah untuk mempercepat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa.

“Kepala harus tetap berpegang pada peraturan dan perundang-undangan yang ada. Harus bersikap hati -hati menggunakan dana desa dan jangan sampai menimbulkan masalah,” kata Juniwati di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (6/12/2017).

Untuk terhindar dari masalah, Komite I DPD melakukan kunjungan kerja ke beberapa daerah untuk menemui Kepala Desa. Kunker tersebut sesuai amanat konstitusi, yaitu menjalankan fungsi pengawasan, khususnya pengawasan atas pelaksanaan UU No 6 Tahun 014 tentang Desa. “Sejak UU No.6 Tahun 2014 tentang Desa, Komite I sangat concern melakukan pengawasan. Karena kami tidak ingin jangan sampai dalam pelaksanaannya menimbulkan masalah,” jelas politisi senior Partai Golkar tersebut.

Dalam kunker tersebut, senator Komite I DPD meminta meminta para kepala desa untuk menyampaikan berbagai hambatan dan masalah yang dihadapi kepala desa dalam pelaksanaan UU Desa. Lebih khusus terkait masalah dana desa yang sejak dikucurkan pemerintah sejak tahun 2015 tahun. “Masalah yang disampaikan seluruh kepala desa yang diserap dalam kunker tersebut menjadi masukan bagi DPD untuk bahan evaluasi dengan pemerintah,” kata Juniwati.

Juniwati mengungkapkan dari sejumlah kepala desa yang berbicara, tidak ada masalah yang dihadapi mereka dalam penggunaan dana desa selama ini. Bahkan justru kepala desa itu ada yang mengusulkan dana untuk ditingkatkan jumlah. “Ada pula yang mengusulkan porsentase penggunaan dana desa untuk pemberdayaan masyarakat ditingkatkan, “ katanya.

Adapun Kepala Desa yang telah ditemui Komite I DPD yakni Kepala Desa se Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, di Kantor Bupati Ngawi, Senin (04/12/2017). (Bambang – Jakarta)

Kategori Nasional

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.