Jusbianto, Ilmuwan Muda Peternakan Mengabdikan Diri sebagai Relawan

PENULIS : TIM LIPUTAN

INFOJAMBI.COM – Jusbianto, seorang ilmuwan muda peternakan, sudah sejak satu bulan ini, mendedikasikan dirinya sebagai salah satu relawan di Yayasan Rumah Zakat.

Ia terpilih menjadi relawan inspirasi melalui seleksi yang dilakukan oleh Yayasan Rumah Zakat. Setelah melalui tahap seleksi dan mendapatkan pelatihan Ia melaksanakan tugas sebagai pendamping Desa Berdaya mewakili Desa Sumbersari, Kecamatan Rimbo Ulu.

Yayasan Rumah Zakat ini merupakan lembaga filantropi Internasional berbasis pemberdayaan yang profesional. Salah satu programnya dengan pendayagunaan dana ZIS yaitu pada program yang disebut Desa Berdaya.

Empat rumpun program utama dari Yayasan Rumah Zakat yaitu senyum juara (pendidikan), senyum sehat (kesehatan), senyum mandiri (ekonomi), dan senyum lestari (lingkungan) yang dilakukan di Desa Berdaya.

Menurut informasi dari pemuda lulusan Universitas Andalas ini di Desa Sumbersari masih terdapat masyarakat miskin berjumlah 208 KK dari 1973 KK yang ada, oleh sebab itu Desa Sumbersari menjadi salah satu Desa yang memperoleh kesempatan untuk mendapatkan program Desa Berdaya dari Yayasan Rumah Zakat.

Proses pendampingan yang Ia lakukan dimulai dari social mapping dengan cara pemetaan Desa yang dilakukan secara koordinasi dengan pemerintah Desa dan tokoh masyarakat di Desa Sumbersari.

Selanjutnya dilakukan kegiatan focus group discussion bersama pemerintah desa dan Tokoh Masyarakat untuk mendapatkan informasi akurat terkait permasalahan di lingkungan masyarakat sehingga dapat memudahkan strategi untuk melakukan kegiatan pendampingan program Desa Berdaya di Desa Sumbersari.

Lebih lanjut Jusbianto  menuturkan bahwa Desa Sumbersari yang terdiri dari 6 Dusun dan 10 RT ini memiliki potensi yang baik dari masyarakat, salah satunya di bidang usaha kecil dan menengah. Oleh sebab itu Ia melakukan awal pendampingan pada bulan September 2019 ini dengan penyaluran program pemberdayaan ekonomi berupa bantuan modal usaha untuk ternak kambing dan ayam kampung yang telah tersalurkan kepada 5 orang dan bantuan pengembangan usaha kecil dan menengah kepada 3 orang.

Hasil pemilihan masyarakat penerima bantuan ini dilakukan pemilihan bersama kepala dusun dan sektretaris desa dengan syarat penerima bantuan masuk kepada 8 asnaf dan memiliki potensi untuk diberikan pendampingan.

Harapan dari Jusbianto sebagai Relawan Inspirasi terkait program pemberdayaan Desa Berdaya Yayasan Rumah Zakat ini bisa berjalan maksimal setiap bulannya sesuai visi lembaga dan dapat membantu program pemerintah secara maksimal, selanjutnya Ia juga menyebutkan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai pembelajaran diri untuk bisa memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat yang membutuhkan khususnya di Desa Sumbersari.

Dengan prinsip “Dari Desa Membangun Negeri” Ia meyakinkan bahwa jika setiap desa sudah berdaya dari segi ekonomi, pendidikan, kesehatan dan lingkungan, maka Negeri ini akan makmur.***

Kategori Lensa

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.