Kabar Gembira !!! UMKM Jambi Dapat Kucuran Modal Rp 2,4 Triliun

Penulis : Doni || Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM – Lembaga keuangan atau perbankan diharap mampu memberikan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR), guna meningkatkan perekonomian masyarakat Provinsi Jambi.

Harapan itu disampaikan Gubernur Jambi, H Fachrori Umar, pada acara Urgensi dan Efektifitas Penyaluran KUR untuk UMKM, di Kota Jambi, Kamis (13/2/2020).

“Semua pihak agar melakukan langkah pro aktif dalam memfasilitasi KUR kepada UKM,” himbau Fachrori.

Penyaluran KUR diharapkan dapat digunakan secara optimal untuk peningkatan usaha masyarakat. Pelaku UKM diharap dapat menggunakan memanfaatkan dana KUR sesuai tujuan usahanya.

Pemerintah Republik Indonesia menggelontorkan dana Rp 140 triliun, untuk mendukung permodalan UMKM. Untuk Provinsi Jambi dialokasikan Rp 2,4 triliun.

OJK juga diharap lebih banyak lagi mendorong perbankan memberikan pelayanan KUR, untuk pembiayaan modal kerja, atau investasi kepada individu badan usaha, atau kelompok usaha produktif dan layak namun belum memiliki agunan.

Fachrori menjelaskan, tujuan penyaluran KUR untuk meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan badan usaha produktif, meningkatkan kapasitas daya saing usaha mikro kecil dan menengah dan juga terus mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja,.

Efektivitas program KUR bisa dilihat besarnya alokasi  penyaluran kredit dan sangat bergantung distribusi pengalokasiannya baik untuk sektor ekonomi maupun penerimanya.

Sementara peningkatan pendapatan UKM melalui program KUR diharapkan mampu memberikan kontribusi cukup besar bagi pelaku UKM yang aksesnya terhadap sumber permodalan masih minim pendampingan institusi teknis terkait, serta lemahnya kualitas SDM pelaku UMKM, khususnya dalam penerapan teknologi tepat guna.

“Saya harap kita dapat memberdayakan pelaku UKM dan memberikan dampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Jambi,” kata Fachrori.

Anggota DPR RI, Hasbi Ansori, mengatakan, 54.123 titik KUR  yang sudah tersalurkan untuk pelaku usaha di Provinsi Jambi. Dapat diasumsikan ada 100 ribu lebih orang yang berpenghidupan dari penyaluran KUR.

Acara dipenuhi pelaku usaha termasuk kaum muda yang aktif mengembangkan potensi dalam dunia wirausaha.

Gubernur menanam kopi liberika tungkal komposit, di Lahan Edukasi Kebun Kopi Kito, didampingi kepala OJK Jambi serta pejabat Pemerintah Provinsi Jambi. #MAS

Kategori Ekonomi dan Bisnis,Provinsi

Tags: ,,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.