Rabu, 15 Agustus 2018 | 14:38

Kades dan Camat Harus Paham Tatakelola Keuangan Desa

Laporan Teguh

Pjs Bupati Merangin H Husairi.

INFOJAMBI.COM – Desa merupakan ujung tombak kesejahteraan masyarakat. Untuk itu geliat pembangunan di pedesaan sangat dibutuhkan, terutama pembangunan infrastruktur sebagai urat nadi meningkatnya ekonomi kerakyatan.

Pernyataan itu Pjs Bupati Merangin, H Husairi, dihadapan peserta workshop Evaluasi Implementasi Sistem Tatakelola Keuangan Desa menggunakan aplikasi Siskeudes, diruang pola kantor Bupati, Senin (23/4).

Workshop diikuti 253 orang peserta utusan dari, Desa, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para Camat dijajaran Pemkab Merangin.

“Pembangunan itu harus dilakukan secara efektif, efesien dan akuntabel. Prinsip padat karya dengan sistem swakelola sangat dibutuhkan, sehingga pembangunan yang dilakukan benar-benar bermanfaat,” ujar Pjs Bupati Merangin.

Sistem swakelola itu, pengerjaan proyeknya diawasi langsung oleh pihak Desa, tenaga yang dilibatkan merupakan penduduk Desa setempat dan bahan material yang digunakan juga bahan material dari Desa setempat.

Untuk mewujudkan pembangunan yang efektif, efesien dan bermanfaat itu, tegas Pjs Bupati, perlu pemahaman tatakelola keuangan Desa dengan baik dan benar oleh seluruh para Kades, OPD terkait dan para Camat.

Workshop itu, dihadiri anggota DPR RI Komisi XI, Hj Elviana, turut memaparkan materi tentang ‘Implementasi UU No.6 tahun 2014. Kapolda Jambi diwakili Kanit 2 Subdit 3 Direktorat Reskrimsus Polda Jambi, AKP Handres PS.

Selain itu, dari Kepala BPKP Pusat yang diwakili, Direktur Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Wikayah I, Adi Gemawan, menyampaikan materi, Evaluasi Pengelolaan Keuangan Desa.***

Editor : M Asrori S

Kategori Merangin

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.