Kado Akhir Tahun Terindah untuk INFOJAMBI

Kepala Humas SKK Migas Sumbagsel, Andi Arie Pangeran mengumumkan hasil lomba media kompetisi SKK Migas tahun 2021. Pengumuman secara zoom yang disaksikan Direktur Eksecutif LPDS, Hedrayana, Kamis (16/12/2021). || Poto : SKK Migas||

INFOJAMBI.COM – Dua wartawan INFOJAMBI meraih juara di ajang Media Kompetensi Forum Jurnalis Migas (FJM) Jambi 2021 yang diselenggarakan SKK Migas Sumbagsel.

Perlombaan ini digelar lebih satu bulan sampai 5 Desember 2021.

Pemenang diumumkan oleh Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagsel, Andi Arie Pangeran, secara virtual di hari terakhir penyelenggaran Uji Kompetensi Wartawan (UKW), di Hotel BW Luxury pada Kamis (16/12/2021).

Tulisan berjudul “Butuh Keseriusan Pemerintah Basmi Illegal Drilling” ditulis Ramadhani mampu menyisihkan karya-karya jurnalistiķ yang masuk ke panitia dan diseleksi oleh pihak penyelenggara, SKK Migas, ahli bahasa, dan Lembaga Pers Doktor Soetomo (LPDS), berhasil membawa kemenangan juara II.

Selanjutnya, tulisan berjudul “Illegal Drilling Ancam Primadona APBN” dibawa oleh Rifky Rhomadoni meraih juara V.

Ramadhani dan Rifky menerima penghargaan sekaligus uang tunai dari SKK Migas. Juara II mendapat hadiah uang Rp 8 juta, sedangkan juara V mendapat Rp 4 juta.

Rifki Romadhani menerima hadiah dan sertifikat dari Bank Indonesia, juara 2 lomba jurnalistik yang digelar beberapa tahun lalu. || Poto : dodi||

“Kami bersyukur kerja keras ini terbayar dengan raihan juara,” ujar Ramadhani dan Rifky, seusai pengumuman pemenang.

Menurut Ramadhani, apa yang dilakukan ini hanya sebagian kecil dari upaya mendorong pihak terkait dan masyarakat untuk senantiasa menjaga aspek lingkungan dan kesehatan.

“Ini hanya sumbangan kecil kami INFOJAMBI untuk membangun kesadaran masyarakat tentang bahaya aktivitas illegal tersebut. Semoga pemerintah daerah dan pusat serius membumihanguskannya,” ujar Ramadhani.

Ramadhani saat melepaskan lelah di pinggir sungai ketika di lapangan. || poto : koleksi pribadi ||

Asal tahu saja, ini bukan kali pertama Ramadhani dan Rifki mengikuti perlombaan karya jurnalistik. Wartawan ini aktif mengirim karya-karyanya, mulai tingkat daerah maupun nasional.

Ramadhani juga pernah meraih juara karya jurnalistik yang diadakan Pertamina dan lomba-lomba lainnya.

Begitu pula Rifky Rhomadoni, reporter muda yang masih kuliah di Universitas Muhammadiyah Jambi ini pernah menjuarai lomba yang diadakan oleh Bank Indonesia (BI).

“Pada perlombaan ini membutuhkan usaha lebih dibandingkan sebelumnya. Lebih satu minggu turun langsung ke lapangan menggali informasi dan mewawancarai langsung narasumber kompeten di bidangnya,” jelas Ramadhani.

Dua kaum milenial ini berharap bisa terus berinovasi dan mengajak wartawan muda terus berkarya.

“Selamat kepada semua pemenang,” ujar Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagsel, Andi Arie Pangeran.

Sementara itu, juara IV dimenangkan Maas berjudul “Simalakama Penanganan Illegal Drilling” dari MediaJambi.com.

Juara III dimenangkan oleh M Hanapi berjudul “Rusaknya Sumber Daya Air Bersih Karena Penambangan Minyak Illegal” dari Jambi.antaranews.com.

Sedangkan juara pertama diraih oleh Ahmad Riki dengan judul “Ancaman Illegal Drilling: Merusak Lapisan Tanah untuk Keberlanjutan Lingkungan Hidup” dari media KilasJambi.com.

Selain meraih juara, dua wartawan INFOJAMBI lainnya dinyatakan kompeten dalam UKW yang diselenggarakan SKK Migas – KKKS dan FJM Jambi, diuji oleh LPDS tersebut.

Dia adalah Izwan Sholimin yang naik tingkat dari jenjang madya ke utama. Sementara Devi Safitry, reporter yang bertugas di Kabupaten Batanghari sudah  berkompeten di tingkat muda.

Penulis : Dodik

Kategori Lensa

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.