Kamis, 17 Agustus 2017 | 16:41

Kalahkan Thailand, Piala AFF Pertama Indonesia di Depan Mata

Tim nasional Sepakbola Indonesia yang berlaga di Piala AFF 2016

BOGOR – Indonesia sukses mengalahkan Thailand 2-1 dalam laga leg pertama final Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Rabu (14/12/2016) malam WIB. Dua gol Indonesia dicipatkan Rizky Pora dan Hansamu Yama, sementara gol Thailand dibukukan Teerasil Dangda.

Dengan kemenangan ini, Indonesia hanya butuh hasil seri di Thailand pada leg kedua yang akan digelar di Negeri Gajah Putih akhir pekan ini untuk menjadi kampiun turnamen ini.

Babak Pertama

Laga babak pertama awalnya berlangsung dengan tempo lambat, namun meningkat setelah melewati lima menit pertama.

Kesempatan pertama didapat Thailand. Menit kedelapan, Rizky Pora melakukan salah umpan kepada bek tengah Indonesia dan bola disambar Chanatip Songkrasin. Beruntung tendangan Chanatip melebar ke sisi kanan gawang Kurnia Meiga.

Indonesia juga sempat membuat ancaman ke pertahanan Thailand. Sayangnya, umpan silang Andik Vermansah yang berlari dari sisi kiri terlalu deras dan tak mampu dijangkau rekan-rekannya di lini depan.

Pada menit ke-11, Andik terkapar lantaran benturan keras dengan pemain Thailand. Andik sempat mendapat perawatan dari tim medis Indonesia di pinggir lapangan. Beberapa menit kemudian, Indonesia mulai tampil menekan.

Thailand mendapat peluang emas pada menit ke-14. Jebakan offside yang diperagakan Indonesia tak berjalan dan Teraton Bunmathan mampu merangsek. Ia memberikan umpan bola dengan sundulannya, namun tendangan Sarawut Masuk masih melambung di atas mistar Kurnia Meiga.

Andik yang mengalami cedera lutut terpaksa diganti oleh Zulham Zamrun pada menit ke-20. Tak lama kemudian, gelandang Sarach Yooyen mampu mengancam gawang Kurnia Meiga dengan spekulasi tendangan jarak jauh. Beruntung, tendangannya melambung di atas mistar gawang Indonesia.

Petaka menimpa Indonesia, umpan silang Bunmathan mampu disambut sundulan Dangda dan bola bersarang ke kiri gawang Kurnia Meiga pada menit ke-35. Zulham yang seharusnya menutup pergerakan Bunmathan terlambat sehingga bek sayap Thailand itu mampu melepaskan umpan lambung.

Indonesia mendapat peluang emas pada menit ke-36. Sayang, tendangan Boaz Solossa masih melebar di sisi kiri gawang Kawin Tamsatchanan. Sampai babak pertama usai, skor 1-0 untuk Thailand tetap bertahan.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Indonesia mencoba serangan dari segala sisi. Sayang, nyaris semuanya mentah ketika menemui tembok pertahanan Thailand.

Sebaliknya tim Gajah Perang, bisa menguasai alur serangan dengan rapi. Satu peluang hadir pada menit ke-62. Aksi Dangda yang menggiring bola sempat dihadang pemain Indonesia. Kemudian bola mengarah ke Sarawut Masuk yang berdiri bebas. Dia melakukan tembakan, namun bisa diblok Kurnia Meiga.

Indonesia akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-65 lewat aksi gemilang Rizky Pora. Sang winger melepaskan tembakan dari luar kotak penalti Thailand yang melesat masuk ke gawang setelah semapat deflected.

Lima menit pasca gol pertama, tim Garuda sanggup membalikkan keadaan. Sundulan Hansamu Yama sukses menjebol gawang Thailand memanfaatkan umpan lambung hasil tendangan sudut dari Zulham.

Semangat pemain Indonesia langsung berlipat. Berbagai percobaan serangan dibangun Indonesia membuat pertahanan Thailand carut marut. Namun, hingga laga berakhir, skor tetap 2-1 untuk keunggulan Indonesia.

Susunan pemain:

Indonesia: Meiga, Abduh Lestaluhu, Fachrudin, Hansamu Yama, Beni Wahyudi, Manahati Lestusen, Bayu Pradana, Lilipaly, Rizki Pora, Andik Vermansyah, Boas Solossa.

Thailand: Thamsatchanan, Bunmathan, Thawikan, Promrak, Yooyen, Dangda, Sarawut Masuk, Namwiset, Songkrasin, Tristan Do, Pokklaw A-Nan.

(sumber: okezone)

Kategori Olahraga dan Trend

Tags: ,,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.