Kantor Bahasa Jambi Adakan Penyuluhan Untuk Wartawan

Penyuluhan bahasa untuk kalangan wartawan.

INFOJAMBI.COM — Untuk meningkatkan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, Kantor Bahasa Jambi mengadakan penyuluhan bahasa untuk wartawan, di Kota Jambi, Rabu (25/10/2017).

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Bahasa Jambi, Syaiful Bahri Lubis. Menurut Syaiful, penyuluhan kepada media massa ini merupakan kegiatan kementerian, untuk mengkaji penggunaan bahasa dalam media dan pengawasan bahasa.

Syaiful menyebutkan, bahasa diibaratkan pakaian, disesuaikan kapan digunakan. Ada bahasa hukum dan ada bahasa jurnalis.

“Contoh saya sedang memakai pakaian jas. Tentunya dengan berpakaian jas kita menggunakannya di suatu tempat atau acara tertentu,” jelas Syaiful.

Syaiful menjelaskan, penyuluhan bagi kalangan wartawan ini bukan untuk menggurui para wartawan yang sudah bergelut di dunia kata-kata. Tujuannya berbagi ilmu dan tata cara penulisan yang baik dan benar.

Syaiful menilai, tulisan yang dibuat wartawan dan dimuat di media massa cepat mempengaruhi masyarakat secara luas.

Kegiatan ini berlangsung dari pagi sampai sore, diikuti 30 wartawan dari media cetak dan daring daerah Jambi. Kegiatan diisi dengan penyampaian materi oleh narasumber dari kantor Bahasa Jambi, seperti Leni Sulastri SS dan Natal P Sitanggang M.Hum.

Materi yang disampaikan oleh Leni mengenai Ejaan, Bentuk dan Pilihan Kata serta Kalimat. Sementara Natal menyampaikan materi Kalimat, Paragraf dan Kearifan Media. (Yudi Pramono — Jambi)

 

Kategori Pendidikan

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.