Kapolda Jambi Kuliah Umum di UIN STS

Penulis : Andra Rawas || Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM – Kapolda Jambi, Irjen Pol Firman Shantyabudi menjadi pemateri dalam kegiatan Konsolidasi Daerah Forkom BEM/DEMA ke-II Tahun 2020, di Auditorium Chatib Quzwain UIN STS, Mendalo, Muaro Jambi, Jum’at (13/3/2020).

Tiba di kampus UIN, Kapolda disambut Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Jambi, Prof Dr H Su’aidi Asy’ari, MA Ph.D dan jajaran, di Aula Rektorat Lantai III Kampus UIN Simpang Sungai Duren.

Rektor UIN STS juga menjamu Kapolda Jambi dan rombongan dengan makanan tradisional, burgo, dilanjutkan pemberian materi kepada mahasiswa.

Kapolda menceritakan awal mula dilaknatnya setan. Pada awalnya, setan menyembah Allah, tinggal di langit bersama malaikat dan bisa masuk surga.

Namun kemudian setan durhaka kepada Allah, saat diperintah sujud kepada Adam. Setan tidak mau sujud karena sombong, merasa lebih tinggi dan iri.

“Allah pun menjauhkannya dari rahmat-Nya,” jelas Firman.

Kapolda menyampaikan kepada mahasiswa agar menjauhi enam huruf, yakni MERASA. Merasa paling hebat, pintar, banyak amalnya, sehingga menjadi sombong.

Mahasiswa sebagai seorang akademisi, dengan ilmu yang dimiliki, harus ilmu itu bermanfaat dan diamalkan. Sesungguhnya ilmu yang diamalkan yang dicari, bukan banyak-banyakan gelar tapi tidak pernah sharing informasi.

“Mahasiswa tidak hanya menjalani kewajibannya sebagai penuntut ilmu. Namun juga dituntut bisa menyampaikan ilmu yang didapat. Salah satu caranya berbagi ilmu pada khalayak luas,” ujar Firman.

Terkait pilkada, mahasiswa sebagai satu “pilar” penegak demokrasi, yang juga bagian dari pemilih dan memiliki nalar intelektual tinggi, justru sangat mudah mempengaruhi masyarakat banyak.

“Mahasiswa dapat memberi pemahaman demokrasi ke masyarakat melalui sebuah proses yang dinamakan pemilu. Ini dilakukan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan kualitas akan pemilih sendiri ketika menentukan pilihannya,” kata Firman.

Acara juga diisi dengan kuis yang akan mendapatkan hadiah langsung dari kapolda.

Turut hadir Karo Ops, Karo Rena, Dir Intelkam, Dirkrimsus, Kabid Humas, Wadir Binmas, Kapolresta dan Kapolres Muaro Jambi.

Acara berlangsung sukses dan diakhiri dengan foto bersama. ***

Kategori Agama

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.