Kapolda Jambi Pastikan Masuk Polisi Tak Bayar

Penulis: Andra Rawas | Editor: Ramadhani Keren

Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo memimpin pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas. Ist

INFOJAMBI – Kapolda Jambi Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo memimpin pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas seleksi penerimaan calon anggota Polri TA 2021.

Acara berlangsung di gedung Balai Bhayangkara Siginjai Mapolda Jambi, Selasa (13/04/21). Juga disiarkan secara live streaming di kanal YouTube SDM Polda Jambi dan via Zoom Meeting di Polres Jajaran Polda Jambi.

Sumpah dan pengambilan pakta integritas diikuti seluruh panitia, peserta, dan orang tua peserta seleksi. Usai melakukan itu, panitia, peserta dan orang tua mendengarkan pemaparan Karo SDM Polda Jambi, Kombes Pol Anton Soejarwo.

“Untuk peserta daftar Akpol sampai dengan saat ini ada 134 orang, Bintara Polri Tugas Umum sebanyak 2.026 orang, Bakomsus TI sebanyak 98 orang, Bakomsus Perawat 4 orang, Tamtama Brimob 149 orang dan Tamtama Polair sebanyak 14 orang. Sedangkan DIPA Polda Jambi, kuota Akpol sebanyak 6 orang, kuota Bintara sebanyak 246 orang dengan rincian pria sebanyak 236 orang dan wanita 10 orang, sedangkan Tamtama Polri Brimob sebanyak 13 orang dan Polair sebanyak 5 orang,” kata Karo SDM Polda Jambi.

Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo memastikan penerimaan anggota Polri dilakukan secara bersih dan transparan, sehingga menghasilkan anggota yang berkualitas dan sesuai dengan yang dibutuhkan kepolisian.

Masuk Polri tidak dipungut biaya. Oleh karena itu hindari segala bentuk korupsi, kolusi dan nepotisme. Dirinya juga meminta kepada orang tua atau pun wali agar dapat mendorong putra-putrinya untuk berkompetisi dengan sehat. Jangan terpengaruh oleh tawaran dari oknum tertentu yang menjanjikan kelulusan.

“Saya membuka seluas-luasnya bilamana ada ketidakjelasan atau kurangnya informasi dari orang tua atau calon peserta didik terhadap jadwal, ketentuan dan lain sebagainya. Mudah-mudahan ini sebagai awal yang baik dalam proses seleksi ini,” kata Kapolda Jambi

Proses seleksi penerimaan calon anggota Polri ini dilakukan dengan berbagai tahapan seleksi, mulai dari kegiatan sosialisasi atau kampanye dan pendaftaran online, verifikasi, pemeriksaan administrasi awal, kesehatan tahap-I, tes psikologi tertulis, dan akademik.

Kesehatan tahap-II, kesamaptaan jasmani/renang/anthropometri, tes wawancara PMK dan psikologi, administrasi akhir dan supervisi panpus serta pengumuman kelulusan akhir melalui sidang kelulusan tingkat daerah dengan proses penyelenggaraan seleksi dilaksanakan secara Betah (bersih, transparan, akuntabel dan humanis).

Kapolda juga bersyukur peminat tahun ini untuk menjadi anggota Polri cukup tinggi.

“Setidak-tidaknya sebagian besar masa hidupnya untuk melayani masyarakat, tentunya ini merupakan keberhasilan dari Polri sehingga kepercayaan masyarakat, tanpa dipaksa, tanpa ada dimobilisasi, jumlahnya sangat signifikan,” katanya.

Kategori Lensa

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.