Kapolda Jambi Pimpin Upacara Pencucian Pataka

Laporan: Andra Rawas || Editor: Rahmad

Pencucian pataka tersebut menjadi pedoman dan semangat untuk setiap insan Polri. (Ist)

INFOJAMBI.COM –  Kepolisian Daerah (Polda) Jambi menggelar Upacara Pemuliaan Nilai-Nilai Luhur Tribrata dalam rangka Peringatan Hari Bhayangkara ke 75 tahun 2021 Polda Jambi yang berlangsung di Lobby Gedung Utama Mapolda Jambi, Rabu (23/6/2021).

Upacara merupakan suatu tradisi yang wajib dilaksanakan dengan melakukan pencucian panji-panji Polri yang merupakan simbol untuk mensucikan dan pembersihan diri.

Pencucian pataka tersebut menjadi pedoman dan semangat untuk setiap insan Polri agar tetap memegang teguh kebenaran, melaksanakan tugas pokok melindungi, mengayomi, melayani dan menegakkan kukum serta mewujudkan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) adalah Kapolda Jambi Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo dan dihadiri oleh Irwasda Polda Jambi Kombes Pol Dwi Gunawan, Pejabat Utama Polda Jambi serta Purnawirawan Polri yakni Kombes Pol (P) Fauzi Sawal dan Kombes Pol (Purn) Lukman Jafri.

Upacara diawali dengan menyanyikan lagu Mars Polri, penghormatan kepada Inspektur Upacara, Laporan Perwira yang ditunjuk, kemudian dilaksanakan Penghormatan kepada Pataka Polda Jambi Siginjai Sakti Wirabakti.

Usai dilaksanakan penghormatan, Pataka Polda Jambi Siginjai Sakti Wirabakti selanjutnya menempatkan untuk dilakukan pencucian Pataka yang dilaksanakan oleh Inspektur Upacara.

Usai Upacara, Kapolda Jambi dalam arahannya menekankan tentang Pengendalian Covid-19, dalam penyampaiannya beliau mengatakan bahwa pada saat ini di Provinsi Jambi ada 3 wilayah yang termasuk dalam zona Merah (Kota Jambi, Muaro Jambi dan Tanjab Barat).

“Di Provinsi Jambi masih terdapat perbedaan data terkait Covid-19, saat ini yang terkonfirmasi positif didatakan tetapi yang telah sembuh tidak didatakan, Kita akan membuat program Mikro targeting yaitu setiap yang terkonfirmasi Covid-19 harus didatakan identitas lengkapnya dan kondisinya terpantau sampai sembuh,” ucap mantan Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

Ia kembali mengintruksikan jajarannya untuk terus memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan kerumunan, serta melakukan kerjasama dengan instansi terkait guna meminimalisir penyebaran Covid-19.

Dalam menghadapi Hari Bhayangkara ke 75, Kapolda menyampaikan bahwa Polda Jambi akan mengadakan Vaksinasi massal dan kegiatan ini agar diikuti oleh Polres jajaran, kegiatan vaksinasi akan bertahap sampai dengan tanggal 01 Juli 2021, diharapkan kepada semua anggota jajaran agar dapat bekerja secara maksimal dan selalu menjaga kesehatan selama kegiatan berlangsung.

Kategori Lensa

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.