Kapolda Jambi Tutup Diktuk Bintara Polri

Laporan: Andra Rawas || Editor: Rahmad

Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo menutup pendidikan pembentukan (diktuk). (Ist)

INFOJAMBI.COM – Kapolda Jambi Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo secara resmi menutup pendidikan pembentukan (diktuk) dan pelatihan serta pengambilan sumpah 216 Bintara Polri T.A 2020/2021 Sekolah Polisi Negara (SPN) Pondok Meja Polda Jambi angkatan Adhikari Rahandika Wiradharma, Senin pagi (28/6/2021).

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam amanat yang dibacakan Kapolda Jambi mengatakan, dengan berakhirnya pendidikan para Bintara remaja ini, Polri mendapat penambahan kekuatan personel di lapangan.

“Mulai hari ini pada diri kalian ada identitas dan kehormatan profesi serta tugas sebagai anggota Polri yang dituntut untuk berperilaku hidup baik, sehingga menjadi contoh teladan bagi masyarakat,” kata Kapolri.

Ditambahkan Kapolri, pelantikan saat ini bukan akhir perjuangan, namun justru awal dari penantian panjang sebagai insan Bhayangkara.

Untuk itu, Kapolri meminta untuk dijadikan tekad bulat dan motivasi diri untuk senantiasa memberikan yang terbaik bagi institusi Polri.

“Saya berharap saudara mampu menjadi Polri harapan masyarakat, anggota Polri yang memenuhi harapan rakyat, berkeadilan, menghormati hak asasi manusia yang mengawal proses demokrasi,” ujar Kapolri.

Selama mengikuti pendidikan, tegas Kapolri, Bintara Polri dididik, dilatih dan dikembangkan dengan berbagai teori dan praktek agar mampu menjadi anggota Polri yang profesional dan bermoral serta memiliki mental dan integritas yang baik.

Hal tersebut harus digunakan dengan baik dalam berbagai tugas di lapangan. Namun demikian dengan waktu pendidikan yang sangat singkat ini belum cukup.

“Terus lakukan pengembangan kemampuan diri yang dilaksanakan secara terus-menerus dan berkelanjutan,” kata Kapolri.

Diakhir amanatnya, Kapolri menekankan agar Bintara remaja meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan, menjaga moral dalam melaksanakan tugas.

Serta mengamalkan nilai-nilai Tribrata dan Catur Prasetya sebagai pedoman hidup dan pedoman kerja dalam pengabdian sebagai insan Bhayangkara.

Selain itu, agar melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh, menegakkan supremasi hukum.

“Jalin persaudaraan dengan rekan-rekan TNI, pemerintah daerah serta seluruh komponen bangsa lainnya guna memelihara Kamtibmas yang kondusif,” ucap Kapolri.

Acara dihadiri para Pejabat Utama Polda Jambi, Ketua Bhayangkari Daerah Jambi, Ny. Rachmad Wibowo, Kepala SPN Polda Jambi Kombes Pol Noveriko A Siregar, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Jambi, Agus Sunaryo, Kasipers Korem 042/Gapu Kolonel Inf Benni, dan undangan lainnya.

Menariknya sebagai penerapan protokol kesehatan, para orangtua Bintara remaja yang dilantik hanya dapat menyaksikan pelantikan lewat siaran langsung secara virtual melalui Youtube untuk menghindari kerumunan.

Kategori Lensa

Tags: ,,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.