Kapolda Jambi Tutup Pelaksanaan Wasrik Rutin Itwasum Polri

PENULIS : ANDRA RAWAS
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – Kapolda Jambi Irjen Pol Drs Muchlis AS, MH, Senin (27/5/2019) secara resmi menutup pelaksanaan Wasrik Rutin Itwasum Polri tahap II T.A.2019 pada satker Mapolda dan satwil jajaran Polda Jambi yang dilaksanakan mulai tanggal 20 sampai dengan tanggal 27 Mei 2019, berjalan dengan baik dan lancar tanpa mengalami hambatan yang berarti.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Siginjai Mapolda Jambi itu dihadiri, Tim Wasrik Itwasum Polri, para PJU dan Kasubbag Renmin serta para Kapolres/ta jajaran Polda Jambi.

Pemeriksaan wasrik rutin Itwasum Polri Tahap II T.A.2019 dilakukan terhadap seluruh kesatuan kerja maupun satuan kewilayahan Jajaran Polda Jambi meliputi aspek pelaksanaan dan pengendalian, yang bertujuan untuk menciptakan proses pelaksanaan program yang baik sehingga tujuan pelaksanaan dapat tercapai dengan efektif dan efisien serta ekonomis. Demikian juga dari segi pencatatan akan tercipta kehandalan pelaporan keuangan dan pengamanan aset negara yang semakin akurat dan mendekati kewajaran.

Sedangkan aspek kepatuhan diharapkan akan tercipta ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan serta terwujudnya sistem pengendalian intern di lingkungan Polda Jambi yang semakin baik, sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

Irwil III Itwasum Polri Brigjen Pol Drs. Bambang Suharno dalam kesempatan ini mengumumkan hasil Pemeriksaan wasrik rutin Itwasum Polri Tahap II T.A.2019 di seluruh kesatuan kerja maupun satuan kewilayahan Jajaran Polda Jambi.

Kapolda Jambi dalam sambutan dan arahannya mengatakan bahwa dari hasil temuan wasrik rutin Itwasum Polri tahap II T.A.2019, ada temuan yang bersifat positif dan ada temuan yang harus ditindak lanjuti.

“Untuk itu saya minta agar objek segera melakukan perbaikan sehingga tidak ada lagi kesalahan administrasi / penyimpangan dan hal – hal lain yang dapat mempengaruhi opini laporan keuangan Polri T.A. 2019,” perintah Kapolda Jambi.

Kapolda Jambi juga menyampaikan bahwa berbagai macam kendala dan keterbatasan dalam tugas perlu mendapatkan perhatian yang lebih serius, sehingga diharapkan tidak ada lagi temuan yang berulang pada masa yang akan datang, jadikan temuan wasrik ini sebagai proses pembenahan / perbaikan manajemen organisasi sebelum dilakukan pemeriksaan ekstern yang akan dilaksanakan oleh BPK RI.

“Sehubungan dengan itu, perlu dilaksanakan upaya perbaikan dan penyempurnaan untuk dijadikan sebagai faktor pendorong profesionalisme tugas polri yang semakin baik, transparan dan akuntabel serta selalu berorientasi pada prinsip efektifitas , efisiensi dan ekonomis,”tambahnya.

Kapolda mewakili personil Polda Jambi mengucapkan terima kasih serta penghargaan dan apresiasi kepada seluruh anggota tim wasrik Itwasum Polri yang telah melaksanakan tugas dengan sungguh – sungguh tanpa ada kendala yang berarti selama melaksanakan tugas di Jambi.

“Saya harapkan kepada semua objek wasrik untuk segera menindaklanjuti temuan / rekomendasi tim wasrik dengan sungguh – sungguh, paling lama 2 (dua) minggu setelah taklimat akhir ini sudah dilaporkan kepada Irwasda Polda Jambi lengkap dengan dokumen pendukungnya,” pungkasnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan dan penyerahan hasil pelaksanaan wasrik rutin Itwasum Polri tahap II T.A.2019 dari Irwil III Itwasum Polri kepada Kapolda Jambi.

Kategori Lensa

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.