Kapolda Tutup Pendidikan dan Lantik Bintara Angkatan 2021

Kapolda Jambi menutup pendidikan dan melantik bintara angkatan 2021 (foto : andra)

INFOJAMBI.COM – Kapolda Jambi, Irjen Polisi Albertus Rachmad Wibowo, menutup pendidikan pembentukan dan pelantikan serta pengambilan sumpah Bintara Polri tahun 2021, di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jambi, Rabu (22/12/2021).

Upacara penutupan dihadiri Wakapolda Jambi, Brigjen Pol Yudawan R, forkopimda provinsi, pejabat utama Polda Jambi, Kapolresta Jambi, Kapolres Muaro Jambi, dan 322 Bintara Polri SPN Polda Jambi.

Membacakan sambutan Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan, Polri Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Kapolda mengatakan, upacara ini menandai berakhirnya kegiatan pendidikan dan pelatihan pembentukan bintara Polri tahun 2021.

Pendidikan dan pelatihan ini diselenggarakan di Sepolwan, Pusdik Brimob, Pusdik Sabhara, Pusdik Binmas dan Pusdik Polair Lemdiklat Polri serta di seluruh SPN Polda.

“Hari ini bertambah lagi perkuatan bintara Polri sebanyak 15.526 personel, terdiri atas 14.772 polisi laki-laki dan 754 polisi wanita. Mereka disiapkan untuk meningkatkan kinerja organisasi Polri yang semakin optimal,” ujar Kapolda.

Kapolda mengucapkan selamat kepada para bintara remaja Polri yang menyelesaikan pendidikan pembentukan selama lima bulan dengan baik. Setelah resmi dilantik, anggota Polri baru ini berhak menyandang pangkat brigadir dua (bripda).

Mulai hari ini melekat pada diri mereka , tugas, kewajiban dan tanggung jawab sebagai bhayangkara negara. Tugas kalian memberi perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, serta menegakkan hukum yang adil, guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Amanah ini harus saudara selalu ingat, junjung tinggi dan laksanakan dengan sepenuh hati, penuh kebanggaan, kehormatan dan ingin selalu berbuat terbaik,” pesan Kapolda.

Para bintara remaja ini akan ditempatkan di seluruh penjuru Indonesia dan menjadi garda terdepan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

“Bulatkan tekad dan semangat serta motivasi diri tanpa henti untuk senantiasa memberikan dharma bakti terbaik kepada institusi Polri, masyarakat, bangsa dan negara,” tegas Kapolda.

Polri memerlukan personel berkualitas dan unggul guna mewujudkan bhayangkara negara yang presisi – prediktif, memiliki responsibilitas dan mampu mewujudkan transparansi berkeadilan.

Ada beberapa penekanan yang harus dipedomani dan dilaksanakan para bintara remaja Polri sebagai bekal memasuki tugas di lapangan, yaitu:

1. Tingkatkan selalu keimanan dan ketakwaan kepada tuhan yang maha esa sebagai pedoman dalam kehidupan dan pelaksanaan tugas;

2. Pegang teguh dan amalkan nilai-nilai tribrata dan catur prasetya, dalam setiap langkah pengabdian sebagai insan bhayangkara. jaga nama baik polri dan junjung tinggi panji-panji tribrata;

3. Pahami dengan baik dan laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh, penuh keikhlasan, tanggung jawab, semangat ingin berbuat yang terbaik dan riang gembira;

4. Jadilah sosok panutan dan teladan bagi masyarakat;

5. Bangun komunikasi positif dan santun dengan masyarakat, serta perkuat sinergi dan soliditas dengan TNI, pemerintah daerah, dan seluruh komponen bangsa lainnya guna memelihara stabilitas kamtibmas yang kondusif.

Kapolda menambahkan, pelantikan dan penutupan pendidikan ini bukan akhir dari perjalanan, tapi awal dari pengabdian sebagai bhayangkara muda. Mereka akan berhadapan dengan dinamika tugas yang penuh tantangan.

“Kalian harus mampu menempatkan diri dan beradaptasi dalam situasi apapun. Jangan mudah terbawa arus yang menjerumuskan. Jadikan hari bersejarah ini langkah awal menuju tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara,” tandas Kapolda.

Penulis : Andra Rawas | Editor : Dodik

Kategori Lensa

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.