Kasad Pimpin Langsung Sertijab Sejumlah Jabatan Stratigis TNI AD

INFOJAMBI.COM – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Mulyono, bertindak selaku Inspektur upacara pada acara serah terima jabatan (Sertijab) delapan jabatan strategis di TNI Angkatan Darat, dilaksanakan di Markas Kodam III/Siliwangi, Bandung, Selasa (14/11).

Mereka diantaranya Pangdam III/Siliwangi, dari Mayjen TNI Herindra kepada Mayjen TNI Donni Monardo, Pangdam IV/Diponegoro dari Mayjen TNI Tatang Sulaiman kepada Mayjen TNI Wuryanto, Pangdam V/Brawijawa dari Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, M.D.A., kepada Mayjen TNI Arif Rahman, M.A.

Selain itu Pangdam XVI/Patimura dari Mayjen TNI Doni Munardo kepada Mayjen TNI Suko Pranoto, Danpuspenerbad dari Mayjen TNI Suko Pranoto kepada Brigjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H.,

Doni Munardo sebelumnya menjabat Pangdam XIV/Pattimura, menggantikan Pangdam Siliwangi sebelumnya Mayjen TNI Muhamad Herindra, yang akan dimutasikan menjadi Kepala Staf Ahli Tingkat III Bidang Hubint Panglima TNI.

Selain serah terima Jabatan Pangdam III/Siliwangi, Makodam Siliwangi sendiri mendapat kehormatan lantaran pelaksanaan serah terima 17 perwira tinggi TNI AD lainnya, juga dilakukan di tempat itu.
Sertijab ini merupakan peristiwa langka, karena serah terima belasan Perwira Tinggi TNI yang biasa dilakukan di Mabes TNI, kini dilakukan di Makodam Siliwangi. Meski berjalan di tengah guyuran hujan, kegiatan berjalan dengan lancar.

“Keadaan ini belum pernah terjadi sebelumnya, sehingga merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan sekaligus tantangan, agar dapat berbuat yang terbaik dalam menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuh,” katanya.

Gubernur Akmil dari Mayjen TNI Arif Rahman, M.A, kepada Brigjen TNI Eko Margiyono, M.A, Danpusterad dari Mayjen TNI Hadi Prasojo kepada Mayjen TNI Hartomo, Aspam Kasad dari Mayjen TNI Ilyas Alamsyah kepada Brigjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Aster Kasad dari Mayjen TNI Widagdo H. Sukoco kepada Brigjen TNI Supartodi serta Danpusintelad dari Brigjen TNI Herianto Syahputra S.I.P., M.Si., kepada Kolonel Inf Djaka Budhi Utama, S.Sos.

Kasad TNI mengatakan, pergantian pejabat dilingkungan TNI AD merupakan bagian dari sistem pembinaan organisasi, guna pembaruan dan penyegaran pemikiran dalam rangka kemajuan organisasi.

“Tour of Duty dan Tour of Area, juga merupakan proses untuk memberikan pengayaan dan pengalaman serta menjaga kesinambungan kepemimpinan di tubuh TNI AD, yang pelaksanaannya menaati prinsip-prinsip pembinaan personel, salah satunya adalah the right man on the right place atau menempatkan personel yang tepat pada jabatan yang tepat,” katanya.

Kasad menekankan, para Pangdam yang baru melaksanakan serah terima, untuk meningkatkan kewaspadaan di wilayahnya masing-masing, terhadap berbagai gangguan yang dapat mengancam kedaulatan dan keutuhan NKRI.

“Saya minta, agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan di Kotama masing-masing dalam mengelola potensi konflik yang mungkin terjadi, menyelenggarakan operasi pertahanan dan keamanan Negara matra darat serta pembinaan kemampuan, kekuatan dan gelar kekuatan melaksanakan pembinaan teritorial untuk mendukung tugas pokok TNI AD,” ujar Kasad. ( Bambang Subagio- Bandung )

Kategori Nasional

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.