Kasrem Pimpin Rakor Pencanangan KB Kesehatan Tingkat Provinsi Jambi 2019

PENULIS : RIFKY RHOMADONI
EDITOR : DORA

INFOJAMBI.COM – Rapat koordinasi pencanangan KB Kesehatan dalam rangka kesiapan pelaksanaan tingkat Provinsi Jambi diselenggarakan di Ruang Data Gedung Makorem 042/Gapu, Jumat 21 Juni 2019.

Rapat dipimpin Kasrem 042/Gapu, Letkol.Arh. Hary Sussono Utomo, membahas sejumlah rencana penting kegiatan yang akan digelar di Kabupaten Merangin, Juli mendatang.

Dalam sambutan Danrem 042/Gapu Kolonel.ARH. Elphis Rudy yang disampaikan Kasrem menyebutkan, secara demografi saat ini Indonesia mengalami bonus demografi, yaitu bonus yang dinikmati suatu negara akibat besarnya proporsi penduduk produktif rentang usia 15 – 64 tahun dalam evaluasi kependudukan.

“Situasi ini tentunya menjadi tantangan yang besar yang dapat menjadi beban dan sumber masalah dalam pelaksanaan pembangunan, jika tidak diimbangi dengan peningkatan kualitas sumber daya yang tinggi,” kata Hary.

Ia menjelaskan, berdasarkan UU Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004 pasal 8 ayat D yakni melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat yang dilaksanakan oleh TNI Angkatan Darat melalui pembinaan teritorial.

Dituangkan dalam peraturan bersama kepala BKKBN pusat dengan Panglima TNI nomor 89/KSM/G2/2012 dan Kerma/12/V/2012 12 April 2012 tentang petunjuk pelaksanaan percepatan pelaksanaan revitalisasi program Keluarga Berencana nasional kerjasama BKKBN dengan TNI tahun 2012.

“Kemudian Surat Perintah Kasad nomor Sprin/288/2019 29 Januari 2019 tentang memerintahkan satkowil jajarannya untuk merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan serta melaporkan kegiatan program KB kesehatan tahun 2019 di wilayah masing-masing. Diturunkan pada peraturan Pangdam 2 Sriwijaya nomor 1 tahun 2019 tanggal 2 Januari 2019 tentang program kerja dan anggaran Kodam 2 Sriwijaya tahun 2019 bidang teritorial,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut Hary, rapat koordinasi KB kesehatan tingkat Provinsi Jambi untuk menentukan tempat lokasi pelaksanaan serta rencana persiapan pelaksanaan kegiatan KB kesehatan ini, sehingga dapat berjalan dengan aman lancar dan sukses.

“Kita semua berharap pelaksanaan ini secara fisik dan non fisik dapat terlaksana dengan sukses sesuai dengan tema KB kesehatan kali ini wujudkan sinergitas antara TNI, pemerintah dan BKKBN dalam usaha meningkatkan keikutsertaan masyarakat untuk membentuk keluarga yang berkualitas sehat dan sejahtera,” katanya.

Kapenrem 042 Gapu, Mayor Inf Firdaus menyebutkan, program ini merupakan salah satu bentuk upaya mendorong dan memotivasi masyarakat dalam ber-KB untuk mewujudkan keluarga Indonesia yang sehat, berkualitas dan tangguh.

“Program ini dilaksanakan setiap tahun disemua daerah di Indonesia, secara lintas sektoral dengan melibatkan TNI, dinas terkait serta yang terpenting adalah masyarakat,” kata Firdaus.

Hadir pada kegiatan tersebut Kasiter Korem Mayor Inf Sunardi, serta para perwira Staf Ter Korem, para Kasdim, Pasi Ter masing-masing Kodim, Karo Kesramas Setda Provinsi Jambi, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, dan Kepala OPD bidang Kesehatan dan KB Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi.

“Pemaparan materi disampaikan oleh Yuslidar selaku Kabid terkait di BKKBN Perwakilan Jambi. Disana dia menyampaikan sejumlah program, pencapai dan lain sebagainya,” ucap Firdaus. ***

Kategori Kesehatan

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.