Kata Arsjad Rasjid soal Pelabuhan Ujung Jabung Jambi

Editor: Rahmad

INFOJAMBI.COM – Calon Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Arsjad Rasjid turut buka suara soal Pelabuhan Ujung Jabung Jambi.

Kata Arsjad, pentingnya membangun pelabuhan agar kegiatan usaha menjadi lebih efesien.

Namun itu tidak cukup hanya dengan membangun pelabuhan saja, tapi harus disertai dengan pembangunan kawasan ekonomi sebagai daya tarik investor.

“Kita harus lakukan paket investasi untuk ditawarkan kepada investor. Ada kawasan ekonomi supaya pelabuhan Ujung Jabung bisa berjalan. Itu-lah tugas Kadin mendiskusikan dan membawanya ke pemerintah provinsi Jambi hingga pusat,” ujar Arsjad.

Hal ini disampaikannya usai Kadin Jambi memberi dukungan ke Arsjad menjadi Ketua Umum Kadin 2021-2026.

Acara berlangsung di salah satu hotel berbintang di Kota Jambi, hingga Sabtu malam (1/5). Arsjad berada di Jambi sampai Minggu (2/5).

Arsjad saat ini Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional.

Kehadiran Arsjad didampingi oleh sejumlah Ketua Kadin dari provinsi di Sumatera dan Kalimantan.

Menurut Ketua Kadin Jambi Oesman Sulaiman, sosok Arsjad adalah orang baik dan tidak pernah membedakan besar maupun kecil, serta selalu mendengar aspirasi anggota sehingga sangat pantas menjadi Ketua.

“Kalau pak Arsjad terpilih bantu-lah kami melanjutkan pembangunan pelabuhan Ujung Jabung,” kata Oesman sebelumnya.

Oesman melihat visi dan misi Arsjad sangat jelas, yakni menginginkan Kadin lebih baik bagi dunia usaha. Di antaranya, membangun dan membina UMKM di tengah kondisi Covid-19.

Pada kesempatan itu, Arsjad ikut menyantuni sekitar 20 anak yatim dan berbuka bersama Pengurus Kadin se Provinsi Jambi.

Arsjad Rasjid menegaskan pihaknya siap berkolaborasi dengan pemerintah untuk memulihkan kesehatan dan ekonomi di era pandemi Covid-19.

Kedatangannya ke Jambi dipastikannya sekaligus untuk membicarakan mengenai masukan dari daerah, serta apa yang menjadi tantangan di daerah.

“Setiap daerah memiliki kekayaan, tatangan dan industri prioritas yang berbeda-beda. Maka setiap daerah harus bisa menentukan prioritas industrinya, ucapnya.

Sekedar informasi, Pelabuhan Ujung Jabung tepatnya berada di Sungai Itik Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Pembangunannya telah berlangsung dalam beberapa tahun terakhir. Sayangnya, terlampau lambat.

Meski pada RPJMD Provinsi Jambi 2016-2021 yang menjadi prioritas adalah pembangunan Pelabuhan Muara Sabak,

Pemerintah Provinsi Jambi telah menetapkan bahwa Pelabuhan Ujung Jabung menjadi prioritas utama pada tahun 2021.

Arsjad merupakan Direktur Utama PT Indika Energy Tbk Arsjad Rasjid. Dia akan melawan Presiden Direktur PT Bakrie & Brothers Tbk, Anindya Bakrie.

Ketua Umum Kadin terpilih akan menggantikan posisi Rosan Roeslani yang baru saja diangkat Presiden Jokowi sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat.

Provinsi Jambi ingin menjadikan Pelabuhan Ujung Jabung pusat perdagangan jika telah beroperasi.

Diharapkan dapat memberikan kontribusi yang lebih nyata terhadap perekonomian masyarakat sekitar dan berimbas juga pada perekonomian Provinsi Jambi.

Kontestasi Pemilihan Ketua Umum Kadin akan digelar selepas Lebaran Idul Fitri tahun ini.

 

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.