Kawasan TPA Bakal Disulap Jadi Objek Wisata

H Al Haris, tinjau TPA Desa Langling ll Foto: Teguh

BANGKO – Kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, di Desa Langling Kecamatan Bangko, kedepan bakal disulap jadi lokasi objek wisata menarik dan yakin bakal banyak dikunjungi wisatawan.

Setiap TPA, selama ini identik dengan aroma tak sedap, Tapi inilah tantangan yang akan dihadapiBupati Merangin, H Al Haris, yang akan berupaya merubah mandset banyak orang, kalau TPA itu, tidak mengeluarkan bau tak sedap dan banyak kuman.

Menurutnya, pengelolaan sampah dengan prinsip Reguce,Reuce,Recycle(3R) berstandar nasional itu, maksudnya Reguce mengurangi segala sesuatu yang menyebabkan terjadinya sampah. Reuce yaitu kegiatan penggunaan sampah kembali secara langsung dan Recycle, pemanfaatan kembali setelah mengalami proses pengolahan.

“Jadi, prinsip 3R ini, sangat aman dan ramah lingkungan,’’ujar Bupati, Rabu (1/3).

Tak heran bila kawasan itu selain tetap jadi tempat pengelolaan sampah, sekaligus juga sebagai objek wisata, katanya.

Saat ini kawasan TPA Desa Langling sedang ditata. Di sekeliling kolam pengelolaan limbah ditanami aneka pohon buah-buahan. Sedangkan dibagian lainnya, dibuat kolam-kolam untuk budidaya ikan air tawar dan nantinya para pengunjung bisa memancing ikan.

Disekitar kolam-kolam akan dibangun gazebo dan pondok-pondok tempat berteduh dilengkapi kursi dan meja. Bagi yang hoby bakar ikan, bisa memeesan dikantin yang disediakan. Selain itu ikan hasil pemancingan, bisa juga dibawa pulang. (infojambi.com)

Laporan : Teguh ll Editor : M Asrori

Kategori Merangin

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.