Kayak Kucing Beranak…

Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun.
Bapak Encub Subekti, mantan pengurus PWI Pusat dan “Komandan Tempur” SJI (Sekolah Jurnalistik Indonesia), Minggu pagi (11/4/2021) meninggal dunia.

Menjelang HPN 2012 lalu di Jambi sangat banyak menggelar kegiatan pelatihan wartawan. Salah satunya Sekolah Jurnalistik Indonesia ( SJI).

Pada saat SJI inilah begitu intens bertemu dengan almarhum. Saya sebagai Ketua PWI Provinsi Jambi penangung jawab panitia daerah Jambi, sedangkan almarhum penangung jawab SJI yang ditunjuk PWI Pusat untuk memastikan kegiatan berjalan dengan baik, mulai dari kurikulum, pemateri, lama kegiatan dan tetek bengek lainnya.

“Kucing Beranak”

Almarhum baik dan sabar. Ketika beliau jadi “Komandan Tempur” SJI di Jambi tahun 2011 lalu, sangat mendalam kesan yang beliau tinggalkan, terutama saya dan panitia daerah.

SJI dengan durasi dua minggu sangat melelahkan. Beliau mengawal dua hari menjelang pembukaan sampai berakhir kegiatan.

Karena situasi dan kondisi panitia menempatkan beliau di dekat lokasi SJI, hotelnya bersih dan melati. Nama hotelnya Al Fath di Jalan Sumantri Brojonegoro, Sipin.

Beliau tidak protes dan menikmati di situ. Ketika datang petinggi PWI di tempatka juga di hotel tersebut. “Waduh kok di hotel ini kami ditempatkan,” protes petinggi tersebut.

Panitia menyampaikan ke saya protes petinggi itu. Kebetulan ada kamar kosong di Grand Abadi Hotel, dipindahkanlah menginap di Abadi (hotel terbaik nomor dua di Jambi waktu itu)

Beberapa hari di Grand Abadi. Lalu pindah lagi ke Hotel Novotel (ini hotel paling bagus). “Mas Mursyid, saya ini kayak kucing beranak,” ujar beliau dengan kebapakan….

Beliau tidak pernah mengeluh dan dengan telaten mengawal SJI, bahkan sampai dua angkatan kami mengadakan di Jambi.

Kini lulusan SJI itu sudah banyak jadi pimred dan pemilik media online serta wartawan baik-baik. Mereka banyak mewarnai perkembangan jurnalistik di Provinsi Jambi.

Dari Abu Hurairah RA berkata : Rasulullah bersabda : “Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga : yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakan kepadanya”. (HR Muslim)

Semoga ilmu dan pengabdian beliau di SJI jambi dan SJI lainnya di Indonesia pahalanya akan terus mengalir.

Semoga sorga menunggu bapak….

(Penulis : Mursyid Sonsang, Ketua PWI Provinsi Jambi Periode 2007 – 2017)

Kategori Opini

Tags: ,,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.