Kebakaran Lahan di Jambi, Asapnya sudah Sampai ke Negara Tetangga

PENULIS : RIFKY RHOMADONI
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di 3 provinsi, di pulau Sumatera yakni Provinsi Riau, Provinsi Jambi, serta Provinsi Sumatera Selatan. Mengakibatkan negara tetangga mendapat kiriman kabut asap.

Di Provinsi Jambi sendiri musim kemarau ini, mengakibatkan beberapa wilayah mengalami kebakaran lahan gambut, dimana kebakaran hutan disinyalir sengaja dilakukan oleh orang yang tak bertanggung jawab untuk membuka lahan.

Sampai, Senin (5/8/2019) ini, sebanyak 248 hektar lahan telah terbakar sepanjang tahun 2019 ini. Tentu saja hal ini membuat pemerintah, serta TNI – Polri berjibaku untuk ikut membantu memadamkan kebakaran lahan.

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi M. Dianto yang ditemui usai membuka Lokalatih Pengembangan Bumdesa, di Rumah Kito. Senin (5/8/2019) mengatakan, sudah ada beberapa wilayah di Malaysia, telah di hadiri asap kiriman dari Indonesia.

“Tadi saya lihat diberita Malaysia, wilayah Kuala Lumpur, Trenggano, Johor, serta Putra Jaya, sudah kedatangan tamu. Dan kemungkinan itu kiriman dari wilayah kita,” ujar sekda

Dianto juga menyebutkan, bahwa 2 helikopter juga sudah diberikan untuk provinsi jambi, guna membantu pemadaman api. 

Kebakaran lahan juga pernah terjadi di Jambi pada tahun 2015 lalu, mengakibatkan kurang lebih 19 ribu hektar lahan di jambi mengalami kebakaran, serta membawa penyakit infeksi saluran pernapasan. Bahkan saat itu indonesia di kritik oleh negar tetangga.***

Kategori Hukrim

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.