Kebakaran Lahan di Muarojambi Meluas

PENULIS : RIFKY RHOMADONI
EDITOR : DODDI IRAWAN

Kepala BRG, Nazir Foead ikut memadamkan api.

INFOJAMBI.COM — Setelah 12 hari, lahan gambut di Desa Sipin Teluk Duren, Kecamatan Kumpeh Ulu, Muaro Jambi semakin meluas. Lahan terbakar berada di perbatasan dengan Desa Arang-Arang.

Kebakaran ini terjadi Rabu kemarin. Api menjalar semakin jauh di lahan milik warga setempat. Bahkan api sudah masuk ke lahan perkebunan milik perusahaan swasta, namun berhasil dipadamkan.

Kepala Badan Restorasi Gambut, Nazir Foead meninjau langsung lokasi kebakaran lahan gambut ini. Nazir juga ikut memadamkan api yang sedang berkobar.

Menurut Nazir, lahan yang terbakar berdekatan dengan lahan milik perusahaan. Dia berterima kasih pihak perusahaan ikut turun membantu memadamkan api.

Lahan yang terbakar di Desa Sipin Teluk Duren kembali menyala Selasa malam lalu. Tim Satgas Karhutla turun memadamkan api.

Kebakaran makin menjadi akibat tiupan angin kencang, ditambah lagi di lahan itu banyak terdapat kanal yang dibangun untuk mengeringkan lahan gambut, bukan membasahi.

Luas lahan yang terbakar di kawasan ini sudah mencapai 60 hektar dengan kedalaman gambut sekitar tiga meter. Pihak Polres Muarojambi tengah menyelidiki kejadian ini dan memeriksa sejumlah saksi.

Desa Sipin Teluk Duren sebenarnya bukan lahan kerja prioritas BRG. Namun karena terjadi kebakaran, kawasan ini akan menjadi lahan prioritas tahun depan. Tahun ini BRG akan membangun sumur bor di desa tersebut, untuk membasahi lahan gambut. ***

Kategori Lensa

Tags: ,,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.