Sabtu, 15 Desember 2018 | 23:33

Keberadaan Wasit Netral Sangat Diperlukan

Penulis : Wahyu
Editor : Wahyu Nugroho

Sumariadi wasit sepaktakraw dari Riau (foto Wahyu)

INFOJAMBI.COM – Dalam suatu pertandingan olahraga, terkadang berjalan seru dan seimbang, bahkan ada kemungkinan terjadi protes atas keputusan wasit yang dianggap berat sebelah atau tidak netral dalam memimpin pertandingan.

Untuk memperkecil kemungkinan ketidak netralan dalam memimpin suatu pertandingan, cabang sepaktakraw selalu mendatangkan wasit netral dari lain daerah untuk memimpin suatu pertandingan, seperti pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XXII 2018 yang tengah berlangsung sampai 25 November 2018, pihak Pengprov Sepaktakraw mendatangkan 2 orang wasit dari luar Provinsi Jambi yakni Ermansyah dari Bengkulu dan Sumariadi dari Riau.

Salah satu wasit yang didatangkan Pengprov Sepaktakraw Jambi, untuk ikut memimpin jalannya pertandingan pada Porprov kali ini adalah Sumariadi dari Provinsi Riau bersertifikat ASTAF.

Ketika ditemui disela-sela pertandingan cabang Sepaktakraw dilapangsn futsal Reagen Selincah, Sumariadi, Rabu 921/11/2018) menuturkan, wasit netral sangat diperlukan dalam suatu pertandingan, untuk menjaga netralitas selama jalannya pertandingan, “Jangan sampai ada protes-protes baik dari pemain itu sendiri maupun dari official, yang dapat mengganggu konsentrasi” jelas Sumariadi.

Namun demikian tambah Sumariadi, semua itu tergantung dari tuan rumah apakah perlu memanggil wasit dari luar provinsi atau tidak. Jika tuan rumah menganggap pertandingan tersebut tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, semisal protes, ya silahkan, tidak perlu memanggil wasit dari luar daerah atau provinsi.

Dicabang Sepaktakraw, untuk sementara sudah menghasilkan juara dari hasil final kemarin (Selasa-red) malam untuk katagori Tim, Tim putera Batanghari meraih emas setelah difinal mengalahkan Tim Kerinci yang mendapat perak, sementara perunggu diraih Kota Jambi dan Tanjung Jabung Barat.

Untuk katagori Tim Puteri, Kota Jambi berjaya dengan menumbangkan Tanjung Jabung Timur, sekaligus meraih medali emas, perak jatuh keitangan Tanjung Jabung Timur dan perunggu disabet Batanghari dan Muaro Jambi.

Sedangkan untuk katagori Beregu, Regu Kota Jambi mampu meraih emas, perak Tanjung Jabung Timur dan perunggu diraih regu Sarolangun dan Kabupaten Bungo.

Pertandingan katagori beregu Putera, antara regu Kota Jambi (kanan) melawan Muaro Jambi 2-0 untuk Muaro Jambi (foto Wahyu)

Pertandingan dicabang Sepaktakraw hingga berita ini diturunkan, masih berlangsung untuk katagori beregu putera dan puteri, katagori Tim Double Even, dan katagori Quadrand.***


Kategori Olahraga

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.