Kamis, 25 Mei 2017 | 15:54

Keberhasilan Germas Kuncinya Pada Pola Hidup

Zumi Zola mencanangkan Germas 2016 ll Mulyadi (humasprov)
Zumi Zola mencanangkan Germas 2016 ll Mulyadi (humasprov)

KOTAJAMBI – Gubernur Jambi, H.Zumi Zola, mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) 2016, di lapangan Pertamina Kenali Asam, Kota Jambi, Selasa (15/11).

Germas  ini merupakan gerakan nasional, dicanangkan di 10 daerah dari 34 Provinsi di Indonesia, termasukdi Provinsi Jambi. Sedang pencanangan tingkat nasional dilakukan Presiden RI, di Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Inti dari Germas adalah upaya Pemerintah mempromosikan hidup sehat dan mencegah (preventif) terhadap penyakit, serta dimaksudkan untuk menambah kepesertaan jaminan kesehatan (BPJS Kesehatan).

Kunci keberhasilan Germas, adalah pola hidup, yakni pola hidup sehat masyarakat, serta menghindari penyakit. Pola hidup sehat itu, tegas Zumi Zola, cuci tangan sebelum makan, makan sayur dan buah-buahan, olah raga, tidur cukup, menjaga kebersihan rumah dan pekarangan.

Khusus untuk para perokok, Zumi Zola menghimbau untuk tidak dekat dengan anak kecil, ketika sedang merokok.

“Melalui pencanangan Germas ini, saya menghimbau seluruh masyarakat, yuk kita laksanakan pola hidup sehat, kesehatan itu sangat berharga,” tegas Zumi Zola, seraya menambahkan, agar  Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi, untuk terus menggalakkan pola hidup sehat kepada masyarakat.

Zumi Zola dalam kesempatan itu memberikan bantuan kepada perwakilan masyarakat penerima uang Bedah Rumah.

Walikota Jambi, H Syarif Fasha, ditempat yang sama juga mengukuhkan Forum Kota Jambi Sehat (FKJS), ditandai dengan penyerahan Pataka, kepada para pengurus FKJS.

Sy Fasha mengatakan, salah satu penekanan dalam Germas, di Kota Jambi, adalah agar tidak ada lagi masyarakat yang buang air besar sembarangan (BABS), dan, ada 3 dari 62 Kelurahan di Kota Jambi yang sudah 100% bebas dari BABS, yaitu Kelurahan Jelmu, Kelurahan Kampung Tengah, dan Kelurahan Pasar seberang Kota Jambi.

Selain itu, kata Fasha, Germas ini juga ditujukan untuk meningkatkan kepesertaan BPJS, sembari menghimbau masyarakat yang belum mendaftar BPJS untuk mendaftar dalam kepesertaan BPJS. (infojambi.com/A)

Laporan : Mustar Hutapea/Humas

 

Kategori Provinsi

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.