Kehadiran Islam Memberikan Keindahan dan Kedamaian Umat

H Zumi Zola bersama Ketua PBNU, KH. Said Agil Siraij, menghadiri Haul di Ponpes As’ad.

INFOJAMBI.COM – Kehadiran Islam memberikan keindahan dan kedamaian umat, bukan sesuatu yang menakutkan, kata Gubernur Jambi, H. Zumi Zola, saat menghadiri Haflah Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H/2017, di Pondok Pesantren As’ad Olak Kemang Seberang Kota Jambi, Rabu (29/11).

Peringatan maulid Nabi ini dirangkai dengan Haul Al-Marhum Tuan Guru Syekh H. Abdul Majid Jambi, Tuan Guru Syekh H. Ibrahim Sbdul Majid, Tuan Syekh H. Abdul Qodir Ibrahim dan Tuan Guru Syekh M. Hasan H. Abdul Qodir, dan dihadiri Ketua PBNU, Prof. Dr. KH. Said Agil Siraij.

Dikatakan Zumi Zola, pembangunan yang diselenggarakan tidak diartikan pembangunan fisik semata, namun yang lebih penting lagi juga pembangunan mental manusia.

” Pembangunan manusia diarahkan kepada terbentuknya insan-insan yang memiliki kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual. Yang lebih kreatif dan inovatif serta terlibat aktif dalam proses pembangunan,” ungkap Zumi Zola

Lebih lanjut Zumi Zola mengajak semua yang hadir, untuk merefleksi kembali keteladanan Rasulullah SAW, para sahabat Nabi dan para Tabiin.

” Mereka telah menunjukan bagai mana cara membangun sebuah bangsa menjadi besar, dengan menyuburkan kalimat Allah dan Sunnah Rasulullah, melalui keseimbangan antara Hablumminallah dan Hablumminanas yang akan melahirkan Akhlakul karimah yang diridoi Allah Subhanata’ala,” Lanjut Zumi Zola.

Ketua Umum PBNU, KH. Said Aqil Siraij, mengatakan, umat Islam harus bisa berperan dalam menyatukan umat dan berperan dalam kebaikan, peringati hari Maulid Nabi Muhammad SAW, merupakan wujud rasa syukur, karena menerima ajaran Nabi Muhammad SAW. Untuk itu, maulid nabi selayaknya di jadikan momentum untuk berkaca kepada sifat-sifat Nabi.

Selain itu dirinya mengajak seluruh umat Islam untuk mencari ilmu, tanpa harus melupakan kebudayaan bangsa sendiri.

“Dulu saya belajar di Arab Saudi, yang saya bawa ke Indonesia Ilmu, yang berguna bagi kita semua,” pungkasnya.

Sementara, Pimpinan Ponpes As’ad, KH Muhammad Naqjmi Qadir Ibrahim, menyebutkan, acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul ini, setiap tahun terus dilaksanakan untuk mengigat dan mencontoh riwat hidup para pendiri dan penerus Pondok Pesantren As’ad, untuk dapat diteladani bagi generasi muda sebagai penerus genersi yang Islami.

“Umat Islam harus mandiri, dalam berbagai kegiatan, yaitu mandiri ekonomi, mandiri keislamannya, mari kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia,” pungkasnya.

Turut hadir dikesempatan itu, Forkompimda Provinsi Jambi, Rektor UIN STS Jambi, H. Hadri Hasan, Wawako Jambi, H. Abdullah Sani, Kakanwil Kemenag dan Ketua MUI Provinsi Jambi. ( Sapra Wintani – Humasprov )

 

 

 

Kategori Agama

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.