Kejari Muara Bulian Musnahkan BB Tindak Pidana Umum

PENULIS : RADEN SOEHOER
EDITOR : M ASRORI S

Pemusnahan barang bukti (Foto/Raden Soehoer)

INFOJAMBI.COM – Kejaksaan Negeri (Kejari) Muara Bulian, memusnahkan sejumlah barang bukti (BB) tindak pidana umum yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap atau Inkracht.

Pemusnahan BB tersebut dengan cara dibakar dan dipotong, dilaksanakan di halaman kantor Kejari Muara Bulian Batanghari, Kamis (4/7/2019).

Turut hadir pada acara tersebut, Sekda Batanghari Bahtiar Sp, Dandim, Kapolres Batanghari, Pengadilan Negeri, BNN Batanghari, MUI, Lembaga adat Batanghari dan tamu undangan lainnya.

Adapun BB yang dimusnahkan itu merupakan hasil tangkapan selama Juni 2018 hingga April 2019, berupa 37 perkara Narkotika golongan I bukan tanaman, jenis Shabu shabu seberat 4,94 gram. Ganja 59,10 gram, pil ektasi 20 butir serya handphone, alat hisap pirex dan lainlainnya.

Tujuh perkara Illegal Driling, dengan BB satu unit sepeda motor modifikasi, dua unit drum serta pipa blower dan selang.

Perkara perlindungan anak dengan barang bukti, baju dan pakaian dalam. Perkara tindak pidana kehutanan dengan barang bukti satu unit sepeda motor modifikasi. Perkara penipuan dengan barang bukti, surat izin kerja masuk Telkomsel.

“Untuk BB tindak pidana Illegal Driling, terpaksa kita potong potong pipa dan barang bukti lainnya. Namun, untuk barang bukti minyak mentah yang kita amankan, pemusnahannya harus rapi. Kita akan melakukan koordinasi dengan pihak Pertamina dan provinsi, agar pemusnahannya berjalan lancar. Jika BB minyak kita musnahkan sendiri, takutnya akan jadi pencemaran lingkungan,” kata Kajari Muara Bulian, Mia Banulita.

Dikesempatan itu, Sekda Batanghari, Bahtiar Sp, mengatakan, pemusnahan BB itu merupakan hasil kerja yang baik bagi pihak berwajib. Pesannya, mulai detik ini jauhi narkoba dan jangan ikut bermain Illegal Driling.

“Anak-anak muda Batanghari, saya sangat mengharapkan bantuannya, untuk memutus tali rantai narkoba. Terkait kegiatan Illegal Driling, saya berharap segera dihentikan,” ujar Sekda Batanghari, Bahtiar Sp.***

Kategori Hukrim

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.