Kembangkan Sistem Pembayaran Inovatif dan Inklusif, BI Luncurkan QRIS Unggul

PENULIS : DODDI IRAWAN
EDITOR : —

INFOJAMBI.COM — Bank Indonesia (BI) meluncurkan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Unggul, yang merupakan standar QR Code Sistem Pembayaran Indonesia.

Peluncuran untuk wilayah Jambi dilakukan oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi, Bayu Martanto, di Kantor Perwakilan BI Provinsi Jambi, Sabtu (17/8/2019) pagi.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Bayu Martanto mengatakan, peluncuran QRIS dilakukan di kantor pusat Bank Indonesia dan 46 kantor perwakilan di seluruh Indonesia.

Perry menegaskan, sejalan dengan tema peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, ditekankan pentingnya penguatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Menurut Perry, dalam menghadapi era ekonomi dan keuangan digital 4.0, sangat dibutuhkan SDM Unggul Indonesia.

“Era technological disruption merevolusi cara kita bertransaksi, berekonomi, bahkan berkehidupan sosial. Transaksi ekonomi menjadi serba seamless dan real-time. Layanan keuangan menjadi lebih consumer-centric, sehingga mendorong terciptanya berbagai model bisnis baru,” kata Perry.

Perry menjelaskan, penggunaan teknologi canggih, seperti distributed-ledger technology, artificial intelligence dan machine learning, smart contract, serta cloud computing, menuntut kesiapan SDM dalam mengambil manfaat sebanyak-banyaknya dari transformasi digital, dengan tetap menjaga stabilitas ekonomi, sistem keuangan, dan kelancaran sistem pembayaran.

Sejak Mei 2019, Bank Indonesia telah meluncurkan visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025, terdiri dari lima visi.

Kelima visi itu adalah mendukung integrasi ekonomi-keuangan digital nasional, mendukung digitalisasi perbankan, menjamin interlink antara Fin-tech dengan perbankan, menjamin keseimbangan antara inovasi dengan stabilitas, dan menjamin kepentingan nasional dalam ekonomi-keuangan digital antar negara.

Mengimplementasi visi tersebut, sebagai langkah awal Bank Indonesia bekerja sama dengan industri untuk mengembangkan sistem pembayaran yang inovatif dan inklusif.

Untuk memperluas pembayaran non-tunai yang universal, mudah, aman, efisien dan Iancar, Bank Indonesia bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) menyusun Standar Nasional QR Code untuk pembayaran Indonesia, yang diberi nama QRIS UNGGUL.

Peluncuran QRIS di Jambi ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala Perwakilan BI Provinsi Jambi, Bayu Martanto. Hadir dalam acara ini, Kepala Tim Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, Layanan dan Administrasi Bank Indonesia Provinsi Jambi, Pandu Wirawan.

Peluncuran juga dihadiri beberapa pimpinan perbankan di Jambi dan pensiunan karyawan BI Jambi. ***

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.