Kemenkumham Jambi Gelar Workshop Kehumasan

PENULIS : RIFKY RHOMADONI
EDITOR : DORA

Mursyid Sonsang (kanan) saat menyampaikan materi (foto : rifky)

INFOJAMBI.COM — Kanwil Kemenkumham Provinsi Jambi menggelar workshop cara menulis berita di media cetak, online dan media sosial, untuk para pejabat yang bertugas di UPT (Unit Pelaksana Teknis) lingkungan Kemenkumham, di Aula Kanwil Kemenkumham Provinsi Jambi, Kota Baru, Kota Jambi, Senin (11/3/2019).

Kegiatan dibuka oleh Kakanwil Kemenkumham Provinsi Jambi, diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan, Lishabeta Hardianto, diikuti 28 pejabat dari Lapas, Rupasan dan UPT lain di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Jambi, dengan narasumber Kepala Biro MNC Group Provinsi Jambi, Drs. H. Mursyid Sonsang, M.Pd


Menurut Lishabeta Hardianto, kegiatan ini sangat penting untuk memberi pengetahuan praktis cara menulis berita yang baik dan benar bagi pejabat yang bertugas di Lapas, Rupasan dan UPT lainnya. “Kami harapkan para pejabat ini menjadi humas yang baik dan mampu membuat berita yang dipublikasikan ke media cetak, online dan media sosial kegiatan-kegiatan yang positif,” jelas Hardianto yang pernah menjabat Kalapas di Bukittinggi, Sumatera Barat.

Mursyid Sonsang menerangkan tata cara dalam membuat suatu berita yang padat, singkat, jelas, namun bisa pahami oleh pembaca. “Kuncinya menulis berita itu fakta, narasumber dan kejadiannya terbaru. Kalau teorinya 5W + H,” ujar pendiri Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) itu.

Mantan Ketua PWI Provinsi Jambi dua periode ini menjelaskan, humas penting dalam mempromosikan kegiatan-kegiatan positif di lembaga ataupun institusinya. “Sekarang banyak media untuk dimanfaatkan, terutama media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan whatsapp untuk menyebar luaskan informasi tersebut,” jelas alumni Lemhannas tahun 2012 ini.

Kegiatan sehari ini ditutup oleh Kabid Keamanan Kanwil Kemenkumham Provinsi Jambi, Junaidi. Menurut Junaidi, selama ini humas kemenkumham hanya berfokus pada tupoksi yang ada. Namun seiring berkembangnya zaman, humas juga berperan memberikan informasi kepada masyarakat melalui media, baik online, cetak dan lainnya.

“Harapannya humas kemenkumham bisa secara mandiri memberitakan kegiatan yang mereka lakukan secara baik dan benar,” ujar Junaidi.

Salah seorang peserta, Kasogi, Kasubsi Pembinaan Lapas Narkoba Muara Sabak, sangat berterima kasih kepada Kakanwil Kemenkumham Provinsi Jambi yang telah menggelar workshop menulis berita ini.

“Kegiatan ini pertama kali diadakan, selama ini kami membuat berita belajar secara otodidak. Kegiatan ini sangat berguna buat kami,” ujar Kasogi. ***

Kategori Pendidikan

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.