Kemenkumham Tunggu Hasil Investigasi Penyebab Kerusuhan Lapas Jambi

Dirjan Pas Kemenkumham, I Wayan Kusmianta Dusak, tinjau Lapas Jambi pasca kerusuhan || foto : andra rawas

KOTAJAMBI — Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen Pas) Kemenkumham, I Wayan Kusmianta Dusak, menunggu hasil investigasi soal penyebab kerusuhan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II/A Jambi, Rabu (1/3) malam.

Hal ini ditegaskan Dirjen, seusai bertemu sejumlah pejabat tinggi pemerintahan, kepolisian dan militer, di Lapas Jambi, Kamis (2/1) sore. Dia juga mengakui ada beberapa narapidana berhasil kabur, saat kerusuhan berlangsung.

I Wayan Kusmianta Dusak langsung terbang ke Jambi, begitu mendapat kabar ada kerusuhan di lapas. Dia ingin melihat langsung kondisi Lapas Jambi pasca kerusuhan, apalagi di lapas itu sempat terjadi aksi pembakaran.

Tiba di Kota Jambi sekitar pukul 17.00 WIB, Wayan langsung menggelar rapat tertutup bersama Kapolda Jambi Brigjen Yazid Fanani, Fanrem 042/Gapu Kolonel Inf Refrizal dan Kakanwil Kemenkumham Jambi Bambang Palasara.

Menurut I Wayan, pasca kerusuhan yang menimbulkan korban luka-luka tersebut kondisi lapas telah kondusif. Dia sudah minta Inspektorat Kemenkumham segera membentuk tim investigasi, guna mengungkap penyebab kerusuhan.

Soal Lapas Jambi over kapasitas, Wayan akan memindahkan sejumlah warga binaan. Untuk provokator kerusuhan, dia menyerahkan sepenuhnya kasus ini pada Polda Jambi.

Sementara itu, Kapolda Jambi, Brigjen Yazid Fanani, mengungkapkan, pihaknya masih mengejar narapidana yang melarikan diri saat kerusuhan terjadi. Tentang provokator kerusuhan, dia menunggu lapas benar-benar kondusif. (infojambi.com)

Laporan : Andra Rawas – Doddi Irawan

Kategori Hukrim

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.