Kamis, 20 September 2018 | 00:32

Kenali Beragam Wahana Permainan di Dunia Fantasi

Dufan alias dunia fantasi ini menjadi salah satu tempat wisata Jakarta yang banyak diminati, bukan hanya dikunjungi oleh warga di sekitar kawasan Kota Jakarta saja, tetapi banyak pula warga dari luar Kota lainnya yang juga turut mengunjungi tempat tersebut. Selain dikenal sebagai salah satu kawasan wisata outdoor dengan beragam wahana permainan yang dimilikinya, dufan juga dikenal sebagai kawasan terbesar dari edutainment fisik yang ada di Indonesia. Tidak heran jika para pengunjung yang datang ke tempat ini pun dapat merasakan nuansa keliling dunia dengan lebih mudah. Hal ini ditunjang dengan penggunaan teknologi tinggi pada beragam wahana permainan yang dimilikinya.

Dikenal sebagai tempat yang dipenuhi oleh wahana permainan yang menghibur, setiap permainan yang terdapat di dufan itu dibagi dalam 9 kawasan berbeda, yang diantaranya terdiri dari kawasan wilayah Indonesia, Jakarta, kemudian Asia, Amerika, Eropa, Hikayat, Yunani, Kalila, hingga kategori Fantasy Light. Tidak hanya pembagian yang dilakukan berdasarkan wilayah saja, setiap wahana permainan juga dibuat dengan klasifikasi khusus yang terbagi menjadi beberapa bagian, Ingin tau apa saja? berikut penjelasannya :

1. Children Rides
Klasifikasi Children Rides adalah bagian dari wahana permainan wisata Jakarta dufan yang pembuatannya ditujukan bagi anak-anak. Karena itulah jenis permainan yang satu ini dinyatakan lebih aman untuk digunakan oleh anak-anak saat bermain di kawasan dunia fantasi / tempat wisata dufan. Salah satu wahana permainan yang termasuk dalam klasifikasi Children Rides adalah Ubanga Banga.

2. Family Rides
Berbeda dengan klasifikasi di bagian atas tadi, untuk wahana permainan yang termasuk dalam Family Rides, maka dinyatakan sebagai bentuk permainan yang cocok untuk diikuti seluruh anggota keluarga. Dengan kata lain, wahana permainan yang satu ini memiliki tempat yang cukup luas, sehingga dapat diikuti oleh jumlah orang dengan cukup banyak. Selain itu permainan yang dimilikinya juga dapat diterima oleh semua usia, atau tidak terlalu menegangkan namun juga tidak membosankan. Berikut ini adalah beberapa wahana yang termasuk dalam Family Rides, diantaranya :
– Hello Kitty Adventure
– Treasure Land Temple of Fire
– Istana Boneka
– Bianglala
– Fantasy Light Magic of Dufan
– Perang Bintang
– Kalila Adventure
– Rumah Miring
– Poci-poci
– Ontang Anting
– Rajawali
– Burung Tempur
– Baku Toki
– Gajah Beledug
– Turangga Rangga
– Alap-alap

3. Water Ride
Sesuai dengan nama yang dimilikinya, untuk wahana permainan yang termasuk dalam klasifikasi yang satu ini maka tentunya tidak lepas dengan bentuk permainan air. Itulah sebabnya mereka yang hendak mengikuti permainan yang satu ini, wajib untuk mempersiapkan pakaian ganti. Pasalnya anda dan para pengunjung lainnya akan berbasah-basahan di dalam wahana tersebut. Berikut adalah beberapa wahana permainan yang dikenal dengan kondisi basah dan air yang melimpah dari Water Rides :
Ice Age
– Niagara-Gara
– Arung Jeram

4. Thrill Ride
Berbeda dengan beberapa klasifikasi permainan yang telah disebutkan pada bagian di atas tadi, untuk bagian yang satu ini tentunya tidak lepas dari jenis wahana permainan yang menegangkan dan juga dapat memacu adrenalin. Itulah sebabnya, mereka yang diperbolehkan menaiki wahana permainan ini umumnya terdiri dari remaja, atau bahkan orang dewasa yang tentunya sudah mampu mengontrol rasa takut dan juga emosi dengan lebih baik. Berikut ini adalah beberapa jenis permainan menegangkan tersebut :
– Halilintar
– Tornado
– Hysteria
– Kicir Kicir
– Pontang Panting
– Ombang Ambing
– Kora-kora
Jam operasional dan tiket masuk
Jika anda hendak menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, teman atau bahkan pasangan di tempat yang satu ini pastikanlah untuk memperhatikan jam operasional serta harga tiket yang dimilikinya. Untuk hari biasa yaitu dari Senin hingga Jum’at jam operasional dimulai sejak pukul 10.00 hingga 18.00 WIB. Sedangkan untuk akhir pekan jam operasional dimulai dari pukul 10-00 hingga 20-00 WIB. Sementara itu, untuk harga tiket yang ditawarkannya adalah Rp 325.000, dan akan dikenakan biaya tambahan sekitar Rp 200.000 untuk layanan fast track. Anda juga bisa membeli tiket dufan Traveloka. Selain itu, mereka yang telah berusia lebih dari 65 tahun dan juga anak-anak yang memiliki tinggi dibawah 100cm itu tidak akan dikenakan biaya dari tiket masuk.
Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai beberapa informasi mendasar mengenai Dufan sebagai salah satu tempat wisata Jakarta favorit.


Kategori Wisata - Seni - Budaya

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.