Kepala BNPB Tinjau Pembersihan Longsoran Material di Majene Sulbar

Penulis : Bambang Subagio || Editor : M Asrori S

INFOJAMBI.COM – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, tinjau langsung lokasi longsoran material yang menutup jalur menuju lima desa di Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat, Rabu (20/01/2021).

“Kita lihat sementara ini, jalan yang tertimbun longsoran material sudah dibersihkan menggunakan alat berat. Meski belum bisa dilalui oleh kendaraan roda empat, namun sudah bisa dilewati kendaraan roda dua,” jelas Doni.

Sebelumnya, lima desa meliputi Desa Kabiraan, Tandealo, Panggalo, Popenga dan Ulumanda, sempat terisolir akibat terputusnya jalur jalan menuju desa tersebut.

Berdasarkan kajian sementara, longsor tersebut dipicu oleh adanya aktivitas geologi dan tingginya curah hujan di wilayah itu.

BNPB hingga saat ini terus berkoordinasi dengan semua lintas Kementerian/Lembaga, pemerintah daerah dan dibantu unsur TNI dan Polri, untuk segera menyelesaikan pembukaan jalur jalan yang terputus. Sehingga pengiriman logistik segera dapat dikirim dan aktivitas warga dapat kembali pulih seperti sedia kala.

“Kita mengkoordinasikan semua Kementerian/Lembaga dari pusat dan pemerintah daerah dibantu TNI dan Polri. Kita harapkan, tempat-tempat yang terisolir dalam waktu tak terlalu lama bisa segera terhubung kembali,” ujarnya.

Selanjutnya, untuk memberikan dukungan logistik ke desa yang terisolir tersebut, BNPB mengerahkan helikopter untuk menangani tanggap darurat bencana di Provinsi Sulawesi Barat.

BNPB, mengerahkan satu unit helikopter jenis Chinook yang memiliki kapasitas angkut kurang lebih 10-12 ton, dari Makassar menuju Mamuju. Kemudian dari Mamuju daerah lain di Sulawesi Barat akan menggunakan beberapa jenis helikopter BNPB lainnya.***

“Dari Mamuju menuju Majene dan beberapa tempat lainnya, ada beberapa unit helikopter lainnya yang bisa disiagakan,” pungkas Doni.***

Kategori Nasional

Tags: ,,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.