Kepala Daerah Jangan Main-Main, KPK Bakal Perkuat Inspektorat

Kepala Inspektorat Batanghari, Mukhlis

MUARABULIAN — Dalam waktu dekat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melakukan penguatan inspektorat di semua daerah. Ini dilakukan guna mencegah dan mengawasi penyimpangan anggaran oleh pejabat daerah.

Mukhlis, Kepala Inspektorat Batanghari, membenarkan kedepannya inspektorat bakal diperkuat oleh KPK. Dia pernah diundang rapat ke Jakarta. Wakil ketua KPK, Alexander Marwata mengatakan, penguatan inspektorat sangat penting.

“Selama ini pejabat inspektorat yang sesuai peraturan undang-undang diangkat dan bertanggung jawab kepada kepala daerah,” kata Mukhlis, mengutip pernyataan Alexander Marwata.

Saat rapat, Alexander menegaskan tanggung jawab inspektorat di daerah. Menjadi suatu kelemahan ketika kepala daerah tidak ada komitmen dan integritas.

“Bahkan kepala daerah akan menunjuk inspektorat yang bisa melindungi kepentingan kepala daerah itu sendiri,” kata Mukhlis menirukan pemaparan Wakil Ketua KPK beberapa waktu lalu.

Mukhlis menjelaskan, Wakil ketua KPK juga menyebutkan, hampir semua kepala daerah yang terkena perkara korupsi bisa dipastikan inspektoratnya tidak berfungsi. Inspektorat merupakan satu-satunya pengawas di daerah.

“Mereka harus melihat semua proses penyelenggaraan pemerintahan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pertangungjawaban anggaran, agar pekerjaan bisa terkawal. KPK mendorong supaya ada peraturan menpan maupun mendagri agar inspektorat bisa independen dan tidak mudah diintervensi kepala dinas maupun kepala daerah,” papar Mukhlis. (infojambi.com/d)

Laporan : Raden Soehoer

 

Kategori Hukrim

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.