Kepedulian Terhadap Lingkungan, Harus Dimiliki oleh Jiwa Seorang Leadership

PENULIS : RIFKY RHOMADONI
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – Leadership atau Kepemimpinan, adalah seorang yang memiliki kemampuan dalam memimpin atau orang yang memiliki peran penting dalam mengambil sebuah keputusan, dalam kata lain leadership adalah panutan bagi setiap orang disekitarnya.

Demi mendukung lahirnya seorang leadership yang berwawasan serta peduli terhadap lingkungan, Pemerintah Provinsi Jambi mengadakan rapat Enviromental Leadership PRogrsm (ELP), atau program kepemimpinan berwawasan lingkungan se-Provinsi Jambi. Rapat yang dibuka Oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M. Dianto, ini diadakan di Aula kantor Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi, Kota Baru Jambi, Rabu (13/11/2019).

Seorang Pemimpin dalam membuat keputusan setidaknya harus memperhatikan beberapa aspek diantaranya, Aspek Ekonomi yang dapat menguntungkan, Aspek teknis, serta Aspek Lingkunga yang tidak merusak lingkungan sekitar. Kepemimpinan adalah hubungan antar seseorang dengan sekelompok orang, yang memiliki kepentingan bersama. Seorang Leadership tak hanya untuk mempengaruhi orang lain agar mengikuti arahannya, tetapi juga harus menjaga hubungan baik, agar bisa mencapai tujuan bersama.

Kepemimpinan yang berkelanjutan juga harus didorong, saat ini banyak kepemmpinan yang cukup berhasil, tapi belum mampu memberikan contoh yang berkelanjutan, saat berhasil menjadi pemimpin, namun tidak bisa mewariskannya kepada generasi penerusnya. Saat ini, Provinsi Jambi sendiri memiliki banyak maslah dalam sektor Lingkungan, Seperti halnya, kabut asap yang melanda Jambi beberapa waktu lalu, Penambangan Tambang Emas Ilegal (PETI) yang mencemari air sungai Batanghari, sampai kasus Ilegal Drilling yang tak kunjung selesai.

Sekda Provinsi Jambi, M. Dianto mengatakan generasi saat ini bisa menjaga lingkungannya, bisa memberikan hal-hal positif kepada penerusnya. Hal seperti kepedulian terhadap lingkungan ini harus kita jaga.

Sementara Itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi Evy Primawaty mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman bagi seluruh sektor, dalam mengelola lingkungan hidup dengan baik. Dalam menjaga lingkungan hidup bukan hanya tudas dinas lingkungan hidup, tetapi tugas setiap manusia. 

“Kita juga sudah membuat surat edaran, agar setiap kantor di pemerintahan Provinsi Jambi mengurangi sampah, khususnya plastik yang sulit diurai,” ucapnya.***

Kategori Provinsi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.