Kerusuhan Marak Karena Didisain

Ketua MPR, H Zulkifli Hasan

JAKARTA – Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, mengaku heran dengan banyaknya konflik yang bersinggungan dengan kebhinekaan, di masyarakat akhir-akhir ini.

Dia menyimpulkan, konflik di masyarakat sengaja diciptakan oleh pihak tertentu dengan harapan bila tercipta kerusuhan, maka akan memberi efek domino, yaitu bisa menyebar ke daerah lain.

“Ini fenomena. Saya kira Sulawesi Utara, itu untuk memancing kerusuhan. Memang ada yang memancing kerusuhan. Kalau Sulawesi Utara rusuh maka menyebar,” kata Zulkifli Hasan, dalam diskusi ‘Merawat ke-Indonesia-an’ di Komplek Parlemen, Jakarta, Senin (5/6).

Kasus di Sulawesi Utara dimaksud, adalah aksi demontrasi masyarakat setempat yang menggeruduk Bandara Sam Ratulangi, karena menolak kehadiran Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, beberapa waktu lalu. Penolakan terhadap Fahri, dianggap karena pimpinan DPR itu dianggap sebagai sosok yang anti kebhinekaan.

Didampingi Sesjen MPR, Maruf Cahyono, Zulkifli Hasan, mengaku bersyukur upaya memancing kerusuhan  dengan memanfaatkan Bandara berkelas internasional itu  tidak terjadi. Tak lama kemudian, katanya upaya memancing kerusuhan dilakukan lagi di Kalimantan Barat. Yaitu ada pihak tertentu yang berupaya memancing kemarahan kelompok umat Islam dengan Suku Dayak yang menjadi suku asli di daerah itu.

“Kaya di desain. Kalimantan Barat juga bersyukur kita tidak sampai terjadi (kerusuhan). Tapi, dari fenomena itu sepertinya ada yang ingin kita ribut,” ujarnya. (infojambi.com)

Laporan : Bambang Subagio ll Editor : M Asrori

Kategori Nasional

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.