Kesadaran Masyarakat Untuk Mematuhi Hukum Terus Ditingkatkan

Penulis : Raini
Editor : M Asrori S

Bupati Tanjab Barat saat menerima kunjungan kerja Kakanwil Kemenkum dan HAM Provinsi Jambi.

INFOJAMBI.COM – Bupati Tanjung Jabung Barat, H.Safrial MS, mengatakan, guna meningkatkan kesadaran masyarakat di wilayahnya dalam mematuhi hukum dan hak azasi manusia, terus menerus dilakukan pembinaan hukum.

Upaya pembinaan hukum itu, menurut Safrial, diantaranya melalui kegiatan sosialisasi dan penyuluhan hukum terpadu dengan melibatkan aparat penegak hukum, instansi vertikal dan perangkat daerah terkait.


Pernyataan itu disampaikan Safrial, saat menerima kunjungan kerja (Kunker) Kakanwil Kemenkum dan HAM di ruang pola Kantor Bupati Tanjab Barat, Senin (21/1/2019).

Bupati berharap meski selama ini telah terjalin hubungan dan koordinasi yang baik, antara Pemkab Tanjab Barat dengan pihak Kanwil Kemenkum dan HAM Provinsi Jambi, kedepan untuk dapat ditingkat lagi.

“Kerjasama dan bersinergi diberbagai bidang, antara lain peningkatan penyuluhan hukum, bantuan hukum kepada masyarakat, peduli hak azasi manusia, hak kekayaan intelektual, pengawasan terhadap notaris, koordinasi kependudukan, pemantauan dan monitoring keberadaan WNA di wilayah Kabupaten Tanjab Barat,” harapnya.

Terlebih lagi dalam hal penyusunan produk-produk hukum, selama ini telah terjalin dengan baik. Dibuktikan selalu melibatkan legal drafting peraturan perundang-undangan dari Kanwil Kemenkum dan HAM.

“Tujuannya, agar peraturan daerah yang ditetapkan tidak bertentangan dengan kepentingan umum, undang-undang yang lebih tinggi, sehingga terbentuknya Perda yang kepastian hukum, ujar H Safrial.

Kakanwil Kemenkum dan HAM Provinsi Jambi, Agus Nugroho Yusup M.Si, mengatakan, kunker ini dalam rangka mensinergikan pelaksanaan tugas dan fungsi Kanwil Kemenkum dan HAM Provinsi Jambi dengan Pemkab Tanjab Barat.

“Diharapkan dengan adanya kunker ini, bisa membawa dampak yang lebih baik lagi dibidang hukum, administrasi imigrasi dan kelapasan,” ujarnya.

Turut hadir dikesemapatan itu Staf Ahli, Para Asisten, OPD dan para Kabag dilingkup Setda Kabupaten Tanjab Barat.***

Kategori Tanjung Jabung Barat

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.