Sabtu, 23 Maret 2019 | 02:04

Kesadaran Masyarakat Untuk Donor Darah Makin Meningkat

Penulis : Rifky Rhomadoni Hsb
Editor : M Asrori S

Taruna Akpol, Fachri Muhammad Mursyid, sat donor darah di UTD PMI Kota Jambi.

INFOJAMBI.COM – Kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darahnya makin meningkat di Kota Jambi. Walaupun demikian, belum mampu mencukupi permintaan darah sebanyak 2500 kantung darah perbulan.

Meningkatnya kesadaran pedonor sukarela ini, karena baik untuk kesehatan. “Dari sisi kesehatan donor darah itu baik, salah satu faedahnya bisa menjegah strok dan penyakit lainnya,” jelas Fachri Muhammad Mursyid.

Ditambahkan Fachri, bahwa dia pertama kali donor, ternyata setelah donor badan terasa ringan dan segar.

“Insya Allah, saat kami cuti nanti ke Jambi akan donor lagi, selain sehat juga untuk kemanusiaan,” jelas Taruna Akpol yang lagi libur di Kota kelahirannya, Jambi.

Salah satu staf di kantor Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Jambi, Eni Haryati, menjelaskan, beberapa tahun terakhir meningkat kesadaran masyarakat, untuk datang ke kantor UTD PMI untuk mendonorkan darahnya.

“Beberapa tahun lalu yang datang sakarela satu atau dua orang perhari, terkadang tidak ada, saat ini berkisar 50 sampai 70 orang/hari, tiap bulan bisa dapat 1500 sampai 2000 kantung,” ujarnya, di kantor UTD PMI Kota Jambi, belum lama.

Proses seleksi calon pendonor harus diikuti, seperti yang dilakukan Taruna Akpol Fachri Muhammad Mursyid.

Ditambahkan Eni, sebanyak 2500 kantung itu, didistribusikan untuk melayani permintaan 18 Rumah Sakit di Kota Jambi dan RS Kabupaten terdekat, seperti Kabupaten Muaro Jambi, dan Batanghari.

Untuk donor darah bisa datang ke kantor UTD PMI Kota Jambi, di jalan dr Syahrial Rahman, Telanaipura, Samping RSUD Raden Mattaher Jambi.Atau juga bisa mengakses informasi tentang kegiatan donor darah melalui akun media sosial, Facebook Utd Pmi Kota Jambi dan Komunitas Apheresis PMI  serta lewat goup WhatsApp petugas PMI.

“Selama ini jika terjadi kekurangan stok darah, biasanya kita bisa minta bantuan dari pendonor penganti. Mereka ini mendonorkan darahnya karena diminta oleh keluarga atau temannya yang membutuhkan darah yang sama golongannya, ujar Eni.

Kepala UTD PMI Kota Jambi, diwaliki Kepala Pelayanan Mutu, dr Refy, mengatakan, syarat pendonor harus di test tensi darah, kalau normal bisa langsung diambil darahnya, setelah mengisi biodata dan dapat kartu donor.

Usia yang diperboleh untuk donor kata dr Refy, antara 16 sampai 60 tahu. Setelah itu baru bisa donor lagi, setelah 60 hari berikutnya, dan paling banyak yang donor golongan darah ( 0 ) dibanding golongan darah lain.

“Untuk donor darah sukarela, masyarakat bisa langsung datang ke kantor UTD PMI Kota Jambi, di Jalan dr Syahrial Rahman, Telanaipura, Samping RSUD Raden Mattaher Jambi,” himbau dr Refy.

Masih kata dr Refy, untuk kelancaran oparesional UTD PMI Kota Jambi, kini didukung dengan fasilitas satu mobil operasional dan dua unit mobil donor keliling yang siap melayani masyarakat bagi yang ingin donor darah, baik di kantor atau tempat keramaian lainnya.

“Saat ini, UTD PMI Kota Jambi, memiliki 33 tenaga profesional, ada dua orang dokter dan 31 staf medis dan non medis. Sementara kendala yang dihadapi saat ini, kondisi gedung yang sempit dan kusam, perlu direhap agar masyarakat yang datang donor lebih nyaman,” pungkas dr Refy.***


Kategori Kesehatan

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.