Kesenian Tradisional Sambut Obor Asian Games XVIII

ADVERTORIAL

 

INFOJAMBI.COM — Sekda Provinsi Jambi, Drs HM Dianto M.Si menyatakan, kirab obor Asian Games XVIII/2018 akan disambut dan diarak dengan rangkaian kesenian tradisional. Rombongan kirab obor ini akan didaulat sebagai tamu kehormatan, dimulai di Bandara Sultan Thaha Jambi.

Kirab obor Asian Games XVIII akan berada di Provinsi Jambi pada 3 Agustus 2018, sebelumnya di Sumatera Barat.

Pernyataan ini disampaikan sekda seusai memimpin Rapat Persiapan Penyambutan Torch Relay (Kirab Obor) Asian Games 2018, Jumat (12/7/2018), di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi.

Merupakan kehormatan tersendiri bagi Provinsi Jambi dilintasi Kirab Obor Asian Games 2018. Pasalnya, hanya 18 dari 34 provinsi di Indonesia yang dilintasi oleh Kirab Obor Asian Games 2018. Provinsi Jambi menjadi salah satu dari 18 provinsi tersebut.

Sekda mengemukakan, ada kebanggaan tersendiri ketika Provinsi Jambi terpilih di antara 34 provinsi di Indonesia yang disinggahi obor Asian Games 2018.

“Kita akan menyambut kedatangan para pembawa obor. Ini adalah tamu kehormatan. Kegiatan di sekitar kirab ini akan dikelilingi oleh seluruh pesilat di Jambi dan akan mengawal dan kita akan menampilkan tarian kreasi baru. Pembawa obor akan didampingi oleh bujang gadis Jambi, kearifan lokal akan mengawal dan kita akan mengupayakan yang terbaik bagi rombongan,” ujar Sekda.

“Di Muaro Jambi akan dihiasi dengan umbul umbul, dan ketika hadir memasuki kawasan Candi Muaro Jambi akan dirasakan kemeriahan dan antusiasme masyarakat yang merasakan kegembiraan bahwa candi Muaro Jambi menjadi lokasi kunjungan dari kirab obor Asian Games.” lanjut Sekda.

Sekda memaparkan secara detail rute yang dilalui kirab obor Asian Games 2018 di Provinsi Jambi. Kirab Obor Asian Games 2018 diterima di VIP Room bandara. Setelah sarapan meluncur ke kawasan Candi Muaro Jambi akan disambut Wakil Bupati dan diserahkan ke Bupati Muaro Jambi.

Setelah itu istirahat, makan siang dan sholat Jumat di Gubernuran Jambi. Selanjutnya Obor Asian Game 2018 dibawa oleh beberapa orang pelari, terutama atlet Provinsi Jambi yang namanya sudah mendapat mendali di tingkat nasional.

Sekda menjelaskan rute Kirab Obor Asian Games 2018, yaitu Rumah Dinas Gubernur Jambi – RS Polisi – Kampus Unja Lama menuju Simpang Bata – Hotel Makmur – Mesjid Agung – Museum Perjuangan – Broni – Simpang Museum lurus ke arah SMA 1 – Tugu Juang – Simpang Bawah Transito – Kantor Imigrasi – Simpang BI – Kantor Gubernur Jambi.

Sekda mengatakan, setiap 500 meter yang membawa obor akan bergantian didampingi pelari dari TNI dan Polri. “Saya selaku Sekda sekitar 200 meter membawa estafet terakhir dan akan diserahkan kepada Plt Gubernur Jambi, di depan Kantor Gubernur Jambi.

Sekitar jam 5 sore akan kembali ke bandara VIP Room Bandara Sultan Thaha Jambi untuk selanjutnya dibawa menggunakan pesawat ke Sumatera Selatan.

Hadir pada kesempatan ini diantaranya Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi Johansyah SE ME dan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi Drs Ujang Hariadi. (Maria/Agus Supriyanto)

Editor : IJ2

 

Kategori Olahraga,Provinsi

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.