Selasa, 17 Juli 2018 | 03:28

Ketika Ibu-Ibu Berlomba Menangkap Ikan Gabus Tanpa Alat

MUARABULIAN — Meskipun berlumuran lumpur, namun niat para ibu ini mengikuti lomba bekarang (tangkap) ikan tanpa menggunakan alat penangkap, sangat antusias sekali.

Lomba diadakan pihak Kecamatan Bathin XXIV, memeriahkan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia. Lomba digelar Rabu (16/8), di kolam ikan Kelurahan Muara Jangga, Bathin XXIV.

Untuk juara pertama, panitia menyiapkan hadiah uang tunai Rp 1 juta, juara II Rp 750 ribu dan juara III Rp 500 ribu. Untuk kaum ibu, perlombaan diikuti hanya satu grup, selebihnya diikuti grup laki-laki dari remaja hingga orangtua.

Lomba diikuti 100 regu. Satu regu terdiri dari lima orang. Total peserta 500 orang dari sejumlah desa. Lomba bekarang ikan ini kali pertama diadakan.

Sebelum lomba dimulai, panitia melepaskan ikan gabus seberat 108 kg. Waktu yang diberikan untuk masing-masing regu hanya 30 menit di dalam kolam. Regu yang paling banyak mendapat ikan menjadi pemenang utama.

“Bekarang ikan ini pertama kali kami lakukan. Mudah-mudahan tahun depan digelar lagi dengan permainan tambahan yang lebih seru,” kata anggota panitia, Eriyanto. (infojambi.com)

Laporan : Raden Soehoer

 

Kategori Wisata - Seni - Budaya

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.