Ketua Dekranasda Bawa Produk Unggulan Jambi ke Tingkat Nasional

Hesnidar Haris memperkenalkan produk unggulan Jambi. (Diskominfo)

INFOJAMBI.COM – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi Hj. Hesnidar Haris memperkenalkan produk unggulan Jambi yang telah lolos seleksi (kurasi) dalam Acara Nasional yang diselenggarakan oleh Dekranas Pusat di Kupang.

Hal tersebut disampaikannya dalam acara Instagram Live bersama Dekranas Pusat, bertempat di Kantor Dekranasda Provinsi Jambi, Rabu (15/12/2021).

“Kita baru saja melaksanakan program dialog Instagram Live bersama Dekranas Pusat dalam rangka mempromosikan produk-produk dan karya-karya yang ada di Provinsi Jambi. Pada kesempatan ini, kita menyampaikan produk atau Kriya yang telah terkurasi dari Dekranas Pusat untuk dipamerkan di Kupang dalam acara Dekranas Pusat.

Pengrajin yang sudah terkurasi yaitu batik Azmiah, batik Berkah, batik Rindani, batik Mentari, batik Incung, Iko batik, warna dedaunan dari Kabupaten Bungo, perhiasan Wizra dan Vinto Craft dari Kabupaten Bungo,” katanya.

Ia mengungkapkan, Dekranasda Provinsi Jambi juga memberikan kesempatan untuk seluruh pengrajin di Provinsi Jambi untuk mengikuti seleksi berikutnya, namun harus berusaha meningkatkan kualitas dan tampilan foto karena tahap awal seleksi adalah melalui tampilan foto terlebih dahulu, selanjutnya baru produk asli dikirim ketika penyelenggaran pameran.

“Artinya ada 2 hal yang harus kita siapkan, pertama adalah keunikan dan filosofi dari produk tersebut, dan yang kedua adalah kualitas dari produk itu sendiri, yang nantinya dipilih yang terbaik diloloskan oleh Dekranas Pusat,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, kegiatan Dekranasda Provinsi Jambi pada kondisi pandemi saat ini adalah melakukan kerja sama dengan marketplace nasional Shopee untuk pendampingan pemasaran produk-produk kerajinan secara online yang sampai saat ini sudah ada 35 IKM dari 11 Kabupaten/Kota yang sudah bergabung.

Dekranasda Provinsi Jambi juga membuat marketplace lokal yaitu Blanjo.co.id untuk pemasaran produk-produk kerajinan secara online dan saat ini sudah ada 35 IKM yang bergabung dan memasarkan 275 produk.

“Harapan kedepan, Dekransda Provinsi Jambi sebagai mitra Pemerintah Provinsi Jambi mendapatkan pendampingan lebih dan melakukan kolaborasi dengan Dekranas Pusat untuk turut serta dalam upaya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Provinsi Jambi,” ujarnya.

Editor: Rahmad

Kategori Ekonomi dan Bisnis,Provinsi

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.