Selasa, 19 Desember 2017 | 03:12

Ketua MPR: Umat Islam Harus Tingkatkan Kemampuan Wirausaha

Halaqah Kebangsaan & Rakernas Komisi Hukum dan Perundang-undangan MUI.

INFOJAMBI.COM – Ketua MPR Zulkifli Hassan, menegaskan, umat Islam harus meningkatkan kemampuan wirausaha, untuk meraih kekuasaan politik.

Langkah itu mesti diterapkan umat islam, selain menjaga persatuan dan mengejar ketertinggalan di bidang ilmu pengetahuan.

“Bangsa Indonesia, terutama umat Islam, harus belajar dari sejarah dijajah oleh Belanda, karena lemahnya persatuan. Belanda dengan mudah menguasai hasil alam Indonesia, karena umat diadu domba, sehingga bisa menjajah selama 350 tahun,” kata Zulhas pada acara Halaqah Kebangsaan & Rapat Kerja Nasional Komisi hukum dan Perundang-undangan Majelis Ulama Indonesia 2017 di Jakarta, Kamis (12/10).

Zulhas berharap, ulama bisa mempersatukan umat Islam. Di zaman Belanda kita diadu domba, sehingga tak bisa merdeka selama lebih dari 300 tahun. Nah, tantangan umat islam bagaimana bisa berasatu dan merebut ilmu dan mengajari anak anak berwira usaha.

“Saatnya umat tidak lagi disibukkan dengan masalah ideologi Pancasila. Dia mengatakan, bahwa tidak perlu ada kegaduhan, karena Pancasila itu menyatukan, bukan mengotak-ngotakkan anak bangsa,” ujar Ketua Umum Partai Amanat Nasional itu,

Zulhas juga mengingatkan, peran para ulama dalam merebut kemerdekaan dari penjajahan. Salah satunya adalah dengan dikeluarkannya resolusi jihad yang menggelorakan semangat kemerdekaan.

Bahkan setelah merdeka, lanjut Zulhas, para ulama juga bersepakat untuk menerima ideologi Pancasila, setelah melalui proses perdebatan dengan menghapus sembilan kata pada Piagam Djakarta.

“Tak mungkin Indonesia merdeka tanpa peran ulama, ” katanya. ( Bambang Subagio – Jakarta )

Kategori Nasional

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.