Khafied Buka Deklarasi Damai Pilkades Serentak

INFOJAMBI.COM — Wakil Bupati (Wabup) Merangin, HA Khafid Moein, Rabu (27/9), membuka deklarasi damai siap kalah siap menang, pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 2017.

Deklarasi berlangsung di aula BPMD Merangin, diikuti 70 orang bakal calon kades. Menariknya, dari 70 orang bakal calon kades yang menandatangani naskah deklarasi damai, satu orang perempuan.

“Alhamdulillah pada pilkades serentak yang akan digelar 7 Oktober ini, satu orang calonya perempuan,” ujar Khafied.

Pada 7 Oktober 2017 ada 20 desa dari 12 kecamatan di Kabupaten Merangin yang melakukan Pilkades Serentak. Wabup berharap semua calon kades yang akan berkompetisi siap kalah dan siap menang.


Pilkades serentak nanti tidak seorangpun menginginkan terjadi keributan. Semua berharap pilkades tersebut berlangsung jujur, adil dan aman.

“Tolong hindari kampanye hitam, jaga keamanan dan terima dengan ikhlas kekalahan,” minta Wabup.

Jabatan seorang kades kedepannya banyak tantangan dan tanggungjawab. Kades harus hati-hati menggunakan dana desa yang jumlahnya cukup besar. Jangan sampai salah guna dan terjerat hukum.

Kajari Merangin, Haryono, mengatakan, Pilkades Serentak jangan dijadikan ajang balas dendam bagi yang kalah. Jangan gara-gara kalah, langsung melaporkan yang tidak-tidak dan sekali ditelusuri ternyata yang dilaporkan tidak benar.

Sementara itu, Kapolres Merangin, AKBP Aman Guntoro menegaskan, dalam Pilades Serentak digunakan cara-cara baik dan bermartabat. Koordinasi dengan Kapolsek bila menemukan berbagai penyimpangan, guna diambil solusi yang bermanfaat.

Bagi calon Kades yang menang, jangan meninggalkan yang kalah. Rangkul cakon kades yang kalah dan libatkan dalam pembangunan desa.

“Calon kades terpilih yang membangun negeri dan yang kalah mendukung membangun negeri,” ujar Kapolres. (Teguh – Merangin)

Kategori Merangin

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.