Kirab Obar Asian Games Singgah di Kota Seribu Sungai

Laporan Bambang Subagio

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, menyambut kedatangan Obor Asian Games.

INFOJAMBI.COM – Kirab Api Obor Asian Games 2018, tiba di Banjarmasin, Minggu (29/7/2018). Api dalam lentera (tinderbox) kemudian dibawa dan diarak keliling Banjarmasin sampai 30 Juli 2018.

Sebelum singgah di Banjarmasin, kirab obor ini sudah menyambangi Tanjung Bira dan Makassar dengan perjalanannya menggunakan kapal Dewaruci, pada 29-30 Juli 2018. Dalam kirab obor di Kota Banjarmasin ini, berbagai tempat unik akan disinggahi, salah satunya ada di Pasar Terapung.

Pasar terapung merupakan sebuah pasar tradisional yang letaknya di atas sungai Barito dan buka antara pukul 06.30 sampai pukul 08.00 WIT. Para pedagang dan pembeli yang ada disini kesemuanya menggunakan sarana transportasi jukung (perahu) untuk menjajakan dan mencari barang dagangannya.

Khusus pada Kirab Obor ini, pasar terapung pun ditampilkan lebih lama dan masyarakat bisa sekaligus membeli kebutuhan pasar. Kirab obor akan menyinggahi pasar terapung ini, akan memberikan momen yang ikonik dan menarik perhatian wisatawan yang berkunjung ke Banjarmasin.

Obor Asian Games dibawa Bazegar Nafain, atlet balap BMX dari ISSI Kalimantan Selatan.

Kirab obor yang berlangsung di pasar terapung siring Tendean ini, disertai dengan upacara daerah dan marching band yang selanjutnya disambut oleh Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina.

Kirab obor ini juga tidak lupa menampilkan beberapa atlet BMX asal Banjarmasin, salah satunya Bazegar Nafain, atlet balap BMX Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Kalimantan Selatan.

“Semangat yang direpresentasikan oleh pawai obor ini, juga menjadi semangat Kota Banjarmasin dalam mendukung Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018, ” tutur Ibnu Sina, Senin (30/7/2018).

Rangkaian kirab obor ini pun akan terus berlanjut hingga dibawa ke Mahligai Pancasila yang nantinya penyerahan dan disambut oleh Gubernur Kalimantan Selatan. Penyerahan ini juga diiringi tarian rangkat sumangat.

“Kami masyarakat Banjarmasin senang kirab obor ini melewati kota seribu sungai, yaitu Banjarmasin. Semangat Asian Games 2018, kami dukung terus untuk dapat menyemangati para atlet Nasional dan bisa menjadi juara pada Asian Games 2018, ” ujar Sahbirin Noor, Gubernur Kalimantan Selatan.***

Editor : M Asrori S

Kategori Olahraga

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.