Selasa, 23 Oktober 2018 | 21:12

Kirab Obor Asian Games Sambangi Megahnya Candi Muaro Jambi

Laporan Bambang Subagio

Bupati Muaro Jambi Hj.Masnah Busro.SE (kanan) saat memegang api obor Asian Games 2018 (foto Bambang Subagio)

INFOJAMBI.COM – Tim Kirab Obor tiba di Jambi pada Jumat (3/8/2018) pukul 07.30 dan disambut oleh Plt Gubernur Jambi, Dr.Drs. H.Fachrori Umar,M.Hum yang diiringi oleh tarian Sekapur Sirih oleh Tim Kesenian Gubernur Jambi.

Setelah disambut tarian, obor diarak oleh tim kirab menuju ke Candri Muaro Jambi yang berjarak 22,8 Km dari pusat Kota Jambi. Selama sehari di Jambi, sambil melakukan sejumlah kegiatan untuk menyosialisasikan perhelatan olahraga terakbar di Asia pada 18 Agustus 2018 itu. Salah satu aktivitas yang dilakukan adalah berkunjung ke Candi Muaro Jambi.

Situs purbakala kompleks percandian Muaro Jambi adalah sebuah kompleks percandian agama Buddha terluas di Asia Tenggara (3.981 hektar) atau delapan kali luas kompleks Candi Borobudur.

Menurut catatan sejarah, kompleks ini merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu Dharmasraya. Pemerintah Kabupaten Muarojambi sendiri berharap bahwa Asian Games dapat membawa dampak positif bagi situs purbakala terbesar dan bersejarah di Asia Tenggara ini bisa lebih mendunia. Terlebih, Candi Muaro Jambi sendiri sudah diusulkan untuk menjadi situs World Heritage ke UNESCO pada 2009.

Bupati Muaro Jambi Hj.Masnah Busro.SE menjelaskan saat ini komplek Candi Muaro Jambi merupakan unggulan pariwisata di wilayahnya. Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi ingin, agar komplek candi benar-benar menjadi destinasi wisata Internasional.

“Makanya kami sangat bangga menjadi bagian dari Asian Games 2018 meski hanya sebatas dilalui apinya. Ini adalah sebuah perhargaan bagi kami yang berada di Muaro Jambi,” kata Masnah.

Mantan perenang nasional yang pernah membela Provinsi Jambi, M. Akbar Nasution dipercaya membawa kirab obor Asian Games yang akan melintasi Kota Jambi bersama atlet, mantan atlet, pelatih dan wasit serta pejabat Jambi.

Beberapa di antaranya adalah Sekretaris Daerah Provinsi Jambi M. Dianto, Eliaser Waterbosi (mantan atlet lari), Olsen Tiger (mantan atlet polo air), Harry Maitimo, Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis A.S., Frisca Ira Wibowo (mantan atlet wushu), Helen atlet senam.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M. Dianto mengatakan pihaknya mengerahkan seluruh potensi budaya Jambi demi menyukseskan kirab obor Asian Games 2018 yang akan melintasi daerah itu. “Kegiatan di sekitar kirab obor akan dikelilingi seluruh pesilat di Jambi yang akan mengawal serta menampilkan tarian kreasi baru. Pembawa obor akan didampingi oleh Bujang-Gadis Jambi dan kita akan mengupayakan yang terbaik bagi rombongan,” ucapnya.

Sekitar pukul 19.00 WIB, obor Asian Games tersebut dari Jambi diterbangkan menggunakan pesawat khusus menuju Palembang, Sumatera Selatan.

Editor Wahyu Nugroho


Kategori Muaro Jambi,Olahraga

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.