Kloter 21 JCH Asal Kota Jambi Terbang Menuju Tanah Suci

PENULIS : RIFKY RHOMADONI
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – Kelompok Terbang (Kloter) 21 Embarkasi Haji Antara (EHA) Provinsi Jambi asal kota Jambi telah diberangkatkan dari Asrama Haji, Kota Jambi. Kamis (24/7/2019).

Para Jemaah Calon Haji (JCH) Kloter 21 ini berasal dari Kota Jambi berjumlah 444 orang, lima orang petugas kesehatan, dan seorang Tim Pemandu Haji Daerah.

JCH diangkut dengan bus dari Asrama Haji Kota Baru ke Bandara Sultan Thaha Jambi, lalu diberangkatkan ke embarkasi Batam untuk diterbangkan menuju Jeddah, Arab Saudi.

Jemaah dilepas oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, HM Dianto dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, Muhammad.

Dari Kota Jambi keseluruhan jemaah berjumlah 633 orang, terdiri dari 266 jemaah laki-laki, dan 367 jemaah perempuan.

JCH termuda berusia 24 tahun, dan yang tertua berusia 90 tahun. Nantinya jemaah Kloter 21 akan dipondokkan di wilayah Syisyah.

Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi, Muhammad mengatakan, sebelum diberangkatkan JCH terlebih dahulu menjalani prosedur one stop service di Asrama Haji Jambi, yang meliputi pemeriksaan kesehatan, pemberian gelang biometrik, biaya hidup atau living cost sebesar 1.500 Riyal atau setara Rp 6 juta, serta pemberian bekal sambal lingkung dan abon patin khas Jambi.

“Dari 444 JCH, ada 20 JCH yang menggunakan kursi roda karena kondisi fisik,” ujar Kakanwil Kemenag Jambi.

Sementara itu, Sekda Provinsi Jambi M Dianto mengatakan, dari laporan Kantor Kesehatan Pelabuhan ada seorang jemaah yang sempat dirujuk ke rumah sakit, namun telah dinyatakan pulih dan diperbolehkan berangkat. 

“Alhamdulillah tadi yang sempat masuk rumah sakit sudah pulih dan dibolehkan berangkat. Kami berharap semua jemaah 3.312 orang sampai ke Tanah Suci dan kembali dengan selamat,” ungakap sekda.

Seorang JCH Kloter 21, Anwar Subhan yang baru pertama kali berangkat ke Tanah Suci, mengaku senang dan bangga bisa menjadi tamunya Allah SWT. “Mudah-mudahan disana sehat-sehat aja,” ucapnya.

JCH akan berada di Arab Saudi selama 40 hari. Setelah pulang ke tanah air mereka akan menyandang status haji. ***

Kategori Agama

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.