Kodim 0420/Sarko Gelar Latihan Gladi Posko I, Ini Harapan Danrem 042/Gapu

Penulis : Jefrizal || Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM – Guna menyiapkan satuan kewilayahan dalam rangka penanggulangan bencana alam dan membentuk prajurit serta satuan yang profesional dalam melaksanakan tugas di lapangan, Korem 042/Gapu menggelar latihan Gladi Posko I Tahun 2020 di wilayah Kodim 0420/Sarko

Kegiatan itu berlangsung di Aula Makodim 0420/Sarko, Jum’at (5/6/2020) yang dibuka oleh Danrem 042/Gapu Kolonel Kav M. Zulkifli, dihadiri Kasrem 042/Gapu, Letkol Arh Hary Sassono Utomo, Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis, Pasiops, Pasiintel, Pasilog Korem 042/Gapu, para pelaku dan pendukung.

Dalam taklimat awal, Danrem mengatakan, Gladi Posko I Kodim 0420/Sarko tahun 2020 merupakan kegiatan yang dilakukan untuk melaksanakan latihan dalam operasi bantuan penanggulangan bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Sarolangun dan Merangin.

Hal itu dilakukan dalam rangka operasi penanggulangan bencana. Latihan Posko I tingkat Kodim dilaksanakan dengan tujuan untuk melatih serta meningkatkan prosedur hubungan antara komando dan staf untuk membantu Pemerintah Daerah (Pemda) setempat dalam menanggulangi bahaya Karhutla.

Ada pun tema yang diangkat dalam latihan kali ini adalah ‘Kodim 0420/Sarko Melaksanakan Tugas Bantuan Kepada Pemerintah Daerah Dalam Rangka Menanggulangi Terjadinya Bencana Kebakaran Hutan Dan Lahan Di Wilayah Kabupaten Sarolangun dan Merangin.

“Sebagai prajurit yang profesional, dibutuhkan program latihan yang terencana, terarah, bertahap, bertingkat dan berlanjut,” kata Danrem.

Lebih lanjut, hal tersebut sudah menjadi kebutuhan mendasar yang harus diwujudkan, karena tugas yang dihadapi ke depan akan semakin kompleks.

Sasaran Gladi Posko yang harus dicapai adalah mampu melaksanakan kegiatan prosedur hubungan komandan dan staf sesuai mekanisme yang berlaku, mampu melaksanakan komando pengendalian dalam satuan operasi bantuan kepada pemerintah daerah, mampu melaksanakan koordinasi dengan aparat terkait sesuai mekanisme dan prosedur, dan mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat dalam menghadapi persoalan di lapangan.

Selain itu, melalui kegiatan ini juga diharapkan terlaksananya penyiapan dan aplikasi rencana operasi dan protap satuan, terlaksanakannya Komando, Kendali Komunikasi, dan Informasi secara optimal.

“Untuk mencapai tujuan dan sasaran gladi posko maka sekenario latihan harus dapat mendekati situasi dan kondisi sebenarnya yang mungkin terjadi di lapangan,” ujar Danrem.

Dengan cara ini, maka dapat diukur kemampuan setiap staf dan satuan dalam menyelesaikan masalah yang timbul di lapangan, sekaligus dapat melakukan perbaikan, pengembangan, dan penyempurnaan.

Baik menyangkut protap, prosedur, maupun taktik dan kodal yang lebih menggambarkan kesiapan satuan dalam menjalankan tugas pokoknya di lapangan.

Selanjutnya, dalam pelaksanaan Gladi Posko, Danrem 042/Gapu mengharapkan kepada seluruh peserta latihan agar sungguh-sungguh melaksanakan seluruh materi dan tahapan latihan.

“Sehingga kualitas hasil akhir dari pelaksanaan latihan Gladi Posko I kali ini dapat diraih secara optimal,” tuturnya. ***

Kategori Merangin

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.