Komisi III DPRD Provinsi Jambi Temui Safrial, Pembahasannya Boleh Juga…

Penulis : Jumalis
Editor : Dora

INFOJAMBI.COM – Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jambi menemui Bupati Tanjungjabung Barat, H Safrial MS, Rabu (29/1/2020).

Safrial menyambut kunjungan rombongan Komisi III yang dipimpin Burhanuddin Mahir ini di rumah dinasnya.

Dalam pertemuan ini Safrial memaparkan kondisi dan letak geografis Kabupaten Tanjungjabung Barat.

Daerah ini merupakan pintu gerbang Provinsi Jambi, berhadapan dengan Sibajo. Tanjung Jabung Barat dapat menjadi salah satu kunci percepatan pertumbuhan ekonomi Jambi.

“Kami salah satu penghasil komoditas laut di Provinsi Jambi, seperti udang ketak yang diekspor ke Jakarta. Kami sudah bicara dengan Bappenas, dirjen dan sebagainya terkait hal ini,” ujar Safrial.

Pemkab Tanjungjabung Barat sedang mengusulkan Pelabuhan Kelagian Tebing Tinggi dimasukkan dalam RIP (Rencana Induk Pelabuhan) Nasional.

“Alhamdulillah, mudah-mudahan dicatat oleh pusat,” kata Safrial.

Pembangunan Pelabuhan Kelagian diusulkan karena punya banyak kelebihan. Selain bisa dilewati kapal bermuatan 15 ribu sampai 20 ribu ton, jaraknya cuma 61 mil dari ambang luar ke arah laut.

Pelabuhan ini bisa menunjang Kabupaten Inhil, Palelawan, Batanghari, Muarojambi dan Dhamasraya, yang lebih cepat masuk ke Pelabuhan Kelagian.

“Dengan adanya Pelabuhan Kelagian kita connect ke Simpang Niam. Kisruh angkutan batubara bisa diselesaikan,” kata Safrial.

Jalan dari KM 91 ke Pelabuhan Kelagian akan diusulkan masuk jalan nasional. Alasannya, pintu gerbang Jambi dan berhadapan dengan Sibajo dan Sijori.

Safrial juga menyampaikan tentang kondisi infrastruktur jalan yang dibangun dengan dana APBD Provinsi Jambi, diantaranya jalan KM 91 Teluk Nilau, jalan 101 Bukit Paku yang belum tembus ke Mersam.

Safrial berharap ada percepatan pelebaran jalan dari Simpang 35 sampai ke Kualatungkal, yang awalnya jalan provinsi sekarang menjadi jalan nasional dan dibiayai oleh APBN.

“Jalan ke Pelabuhan Roro kami minta tolong Pak Gubernur melalui DPRD Provinsi Jambi dibantu, karena fungsinya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Jambi,” ujar Safrial.

Pimpinan rombongan, Burhanudin Mahir menampung aspirasi yang disampaikan Bupati. Kedatangan mereka untuk menyerap aspirasi masyarakat.

“Apa yang disampaikan Bupati mengenai jalan Tanjungpaku, insha Allah menjadi catatan dan pemikiran kami,” ujar Burhanudin.

Burhanuddin tidak menampik bahwa Provinsi Jambi memiliki wilayah yang luas dengan banyak kabupaten/kota. Aspirasi kebutuhan pembangunan di setiap wilayah diusahakan sesuai batas kewenangan DPRD Provinsi Jambi.

Pertemuan ini dilanjutkan dengan pemaparan Sekda Tanjungjabung Barat, H Agus Sanusi, Kadis PUPR Andi Nuzul dan tanggapan Komisi III DPRD Provinsi Jambi.

Dari rumah dinas bupati, rombongan bertolak menuju Pelabuhan Roro, meninjau hutan mangrove dan meninjau Jembatan Ahmad Sugeng. #

Kategori Tanjung Jabung Barat

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.