Komite I Optimistis Dana Desa Mampu Sejahterakan Masyarakat

Hj Juniwati Mascjhun Sofwan.

INFOJAMBI.COM – Komite I DPD RI, meyakini dana desa yang mulai dikucurkan sejak tahun 2015, mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa, meski ditemukan beberapa kasus dilapangan.

Optimisme itu diperoleh setelah Tim Komite I DPD, melakukan kunjungan kerja Kabupaten Madiun dalam rangka melakukan pengawasan terhadap UU No.6 Tahun 2014 tentang Desa, terutama dalam pengawasan penggunaan dana desa.

“Kita optimistis, dana desa bisa sejahterakan masyarakat desa,” kata anggota Komite I DPD RI, Juniwati Mascjhun Sofwan, di Kompleks DPR/MPR/DPD RI Senayan, Jakarta, Jum’at (8/12).

Juniwati mengungkapkan Komite I DPD RI, melakukan kunjungan kerja dan melakukan pertemuan dengan Kepala Desa se-Kabupaten Madiun, di Kantor Bupati Madiun, Selasa (5/12).

Dalam pertemuan itu, dihadiri Sekda Kabupaten Madiun Tontro Pahlawanto mewakili Bupati. Dalam kunker yang dipimpin Wakil Ketua Komite I DPD RI, Hudarni Rani, bersama dua anggota Komite I, yaitu Ahmad Subadri (Banten) dan Yusran A. Silondae (Sultra).

Ditembahkan Juniwati, peningkatan kesejahteraan masyarakat desa sesuai dengan tujuan UU Desa yang dulunya begitu serius diperjuangkan DPD, yaitu untuk meningkatkan perekonomian desa dan kesejahteraan masyarakat desa.

Terpisah, Hudarni Rani, mengakui belakangan ini muncul permasalahan di berbagai daerah terkait penggelolaan dan penggunaan dana desa. Bahkan, ada ada Kepala Desa yang harus berurusan dengan penegak hukum. Namun, persoalan itu telah dikordinasikan dengan Kementerian terkait yakni Kemendagri, Polri, Kejaksaan Agung dan KPK.

“Kita minta Kades dapat melaksanakan pengelolaan dan penggunaan dana desa secara benar sesuai UU Desa. Pemanfaatan dana desa itu betul-betul dimanfaatkan untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat desa,” katanya.

Ditambahkan senator Bangka Belitung itu, Indonesia sejahtera jika Provinsi sejahtera. Provinsi sejahtera jika Kabupaten dan sejahtera dan Kabupaten dan Kota sejahtera jika desa-desa sejahtera.

“Jadi untuk mencapai Indonesia yang sejahtera harus dimulai dari sejahteranya masyarakat di desa-desa,” kata Hudarni. ( Bambang Subagio – Jakarta )

Kategori Nasional

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.