Minggu, 22 April 2018 | 02:20

Kontingen Kota Jambi Pukau Penonton Pawai Budaya Nusantara

MALANG — Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi memang betul-betul memanfaatkan keikutsertaannya pada Rakernas Apeksi 2017, di Kota Malang, Jawa Timur, dengan mempromosikan potensi daerah Kota Jambi. Selain ikut membuka stand pameran dengan menampilkan produk unggulan dan potensi daerah pada Indonesia City Expo, Pemkot Jambi juga menampilkan tim kesenian Tanah Pilih Pusako Batuah pada pentas seni budaya daerah, di GOR Gajayana, Malang.

Selain berbagai event tersebut, tak kalah menariknya, Pemkot Jambi juga turut tampil pada Pawai Budaya Nusantara yang berlangsung di sepanjang Jalan Raya Semeru Gajayana, Malang, Selasa (18/7).

Kontingen Kota Jambi dengan keragaman budaya dan kesenian daerah menampilkan parade pakaian adat, berikut tampilan tari-tarian, seperti Tari Persembahan dan Tari Tengkuluk, yang dipadu dengan iringan musik tradisional Melayu Jambi, tampil sangat apik dan mampu memukau penonton di sepanjang Jalan Raya Semeru.

Menariknya lagi, pada barisan depan defile Pawai Budaya Nusantara dari Kota Jambi tersebut, turut tampil Wali Kota Jambi H Syarif Fasha beserta isteri Hj Yuliana Fasha yang tampak serasi dan gagah mengenakan pakaian kebesaran adat Jambi.

Sambutan masyarakat yang menyaksikan parade Kota Jambi itu pun tambah semakin meriah. Tidak sedikit masyarakat yang meminta foto bersama Wali Kota Jambi. Syarif Fasha pun rela melayani satu per satu permintaan foto selfie dari masyarakat di sepanjang jalan yang dilalui parade.

Pada saat tiba di tribun utama, tim kesenian Kota Jambi kembali menunjukkan kebolehannya dengan menampilkan seni budaya Jambi yang apik, dinamis dan atraktif dihadapan seluruh Wali Kota serta ribuan pasang mata yang menyaksikan Pawai Budaya Nusantara tersebut.

Pawai Budaya Nusantara sebagai pembuka rangkaian pelaksanaan Rakernas Apeksi XII Tahun 2017 di Kota Malang, berlangsung meriah dengan tampilan budaya daerah dari dari 98 Kota di Indonesia.

Sementara itu, perhelatan Rakernas Apeksi XII tahun 2017 secara resmi dibuka Rabu pagi (19/7) oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo, di Ballroom Hotel Savana, Kota Malang. Turut hadir pada pembukaan rakernas, Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan, Gubernur Jatim Soekarwo, Ketua DPP Apeksi Airin Rachmy Diani, Irjen Kemendagri, Direskrimsus Bareskrim Mabes Polri dan seluruh Wali Kota se-Indonesia.

Sebanyak 98 orang kepala daerah pemerintah kota di seluruh Indonesia berkumpul di Kota Malang, untuk menyatukan komunikasi, persepsi dan komitmen untuk Indonesia yang lebih baik.

Pada pembukaan Rapat Kerja Nasional Apeksi, tampak Wali Kota Jambi H Syarif Fasha yang juga sebagai Wakil Ketua DPP Apeksi, turut hadir bersama delegasi Kota Jambi, diantaranya Sekretaris Daerah Kota Jambi H Mukhlis A Muis, Inspektur Kota Jambi H Hafni Ilyas, serta jajaran pejabat Pemkot Jambi terkait lainnya.

Wali Kota Jambi H Syarif Fasha, yang juga Wakil Ketua DPP Apeksi pada kesempatan tersebut turut menyampaikan harapan atas penyelenggaraan Rakernas Apeksi.

“Seluruh Wali Kota di Indonesia memilik harapan yang sama, yaitu Rakernas Apeksi menghasilkan keputusan bermanfaat bagi pembangunan dan masyarakat di daerah masing-masing. Aspirasi dari seluruh daerah dapat kita suarakan untuk pusat melalui Rakernas ini. Kita pun berharap semoga inovasi dan berita pembangunan di seluruh Indonesia dapat terdengar melalui wadah Apeksi,” ujar Fasha.

Terkait dengan topik pembiayaan kerjasama dengan pihak ketiga dalam pembangunan, Fasha sangat setuju jika kerangka penyelenggaraannya harus mendapat kepastian dan dilindungi oleh produk hukum.

“Biaya pembangunan untuk kota sangat besar, tidak semua kota memiliki dana yang cukup untuk membangun daerahnya, oleh karena itu perlu didukung dan didorong untuk dapat kerja sama dengan pihak swasta, namun sangat penting adanya perlindungan hukum terhadap pejabat dan penyelenggara pemerintah, agar terhindar dari permasalahan hukum kedepannya,” tegas Fasha.

Syarif Fasha berharap forum Apeksi tetap dapat menjadi wadah dalam membangun komunikasi, kerjasama dan kolaborasi antar daerah.

“Dengan Apeksi ini kita harapkan dapat terbangun kerjasama yang baik antar daerah dalam mewujudkan pembangunan yang merata untuk kejayaan bangsa dan negara, serta membangun jejaring pemerintah dalam bingkai kebangsaan dan sinergitas pembangunan daerah,” harap Fasha. (infojambi.com/***)

 

Kategori Kota Jambi,Wisata

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.