Sabtu, 23 Maret 2019 | 18:23

Korem 042/Gapu Menyeleksi Calon Prajurit yang Memiliki Jasmani Prima dan Trengginas

Penulis : Firdaus
Editor : Wahyu Nugroho

INFOJAMBI.COM – Pendidikan dasar keprajuritan, merupakan dasar pendidikan untuk membentuk pola pikir, sikap, dan pola tindak sebagai seorang prajurit matra darat.

Pendidikan militer sarat dengan tempaan fisik yang keras dan berdisiplin tinggi, namum pembinaan fisik tidak identik dengan kekerasan.


Pendidikan di militer adalah penggemblengan fisik yang terukur, bertahap, dan berlanjut. Tujuan dari penggemblengan fisik dalam pendidikan militer, bertujuan untuk menciptakan sikap mental seorang prajurit yang tanggap, tanggon, dan trengginas. Tanggap berarti harus mampu tampil dan mahir pada tugasnya yang diimbangi dengan kemampuan dan intelegensi yang memadai. Tanggon berarti bermental dan bermoral tinggi serta ditugaskan di berbagai medan baik di laut maupun di darat. Sedangkan trengginas, berarti memiliki jasmani dan rohani yang prima sehingga mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan tangkas.

Untuk mencari calon Prajurit yang memiliki jasmani yang prima dan Trengginas, Satuan Jasmani Korem 042/Gapu melaksanakan seleksi lanjutan Test Kesemaptaan Jasmani Calon Tamtama Prajurit Karier TNI AD Gelombang I tahun 2019 bertempat  di lapangan Stadion Tri Lomba Juang KONI Jambi, oleh Tim Jasrem 042/Gapu sebanyak 172 orang Calon Prajurit, Selasa (5/3/2019)

Kepala Jasmani Militer (Kajasrem) 042/Gapu Kapten Inf Yazirman mengatakan untuk Seleksi Calon Tamtama Prajurit Karier TNI AD Gelombang I tahun 2019 di ikuti sebanyak 172 orang yang dibagi menjadi 2 Gelombang, dimana Gelombang Pertama Sebanyak 90 orang dan Gelombang Ke dua sebanyak 82 orang. Kegiatan dilaksanakan selama 2 (dua) hari dari tanggal 5 dan 6 Maret 2019.

Sebelum melaksanakan Test Kesemaptaan Jasmani para calon sudah mengikuti seleksi awal Test Administrasi, Kesehatan, Postur dan hari ini yang memenuhi syarat lulus lanjut melaksanakan Test Kesemaptaan Jasmani yang terdiri dari Kesegaran Jasmani (Garjas) A Lari 12 Menit dan dilanjutkan dengan Test Garjas B, untuk tingkat daerah hanya melaksanakan Full Ups saja, sedangkan untuk Test Ketangkasan dilaksnanakan Renang Dasar dengan jarak 50 meter di kolam Renang Tanggo Rajo di Kota Baru Jambi, ujar Kajasrem.

Kapten Yazirman berharap kepada Calon Tamtama yang mengikuti Test agar dilaksanakan dengan baik dan benar, jangan ada kesalahan, ikuti petunjuk Pelatih serta ketentuan yang berlaku. “Kalau anda tidak kuat dan tidak sehat jangan memaksakan diri sehingga membuat diri anda fatal, “ujarnya.

Nampak hadir mengawasi Seleksi tersebut Kasrem 042/Gapu Letkol Arh Hary Sassono Utomo,S.H, Kasipers Letkol Tomy dan Kasiintel Letkol Horizoni serta Dan Unit Intelrem 042/Gapu Kapten Matheus.***

Kategori Pendidikan

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.