Selasa, 11 Desember 2018 | 16:33

Kota Jambi Raih Penghargaan Penanganan Kemiskinan dan UKM

Penulis : Tim Liputan
Editor : Dora

INFOJAMBI.COM — Duet kepemimpinan Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME bersama wakilnya DR. dr. H. Maulana MKM, sukses mengawali debutnya sebagai kepala daerah di Kota Jambi, dengan mempersembahkan dua penghargaan sekaligus bagi masyarakat Tanah Pilih Pusako Batuah.

Baru beberapa hari menjabat sebagai kepala daerah, keduanya langsung menuai prestasi gemilang, yaitu membawa Kota Jambi sebagai Kota Terbaik 1 Penanggulangan Kemiskinan Tingkat Provinsi Jambi dengan Kategori “Program Inovasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah 2018, dan penghargaan tingkat nasional Natamukti atas keberhasilan Kota Jambi memasarkan, mendorong peningkatan kualitas, serta membangun ekosistem UMKM di Kota Jambi. Kedua penghargaan diterima oleh Wakil Wali Kota Jambi DR. dr. H. Maulana, MKM.

Penghargaan pertama diserahkan oleh Plt Gubernur Jambi DR Drs H Fachrori Umar M.Hum, di Aula Mayang Mangurai Bappeda Provinsi Jambi, Rabu (14/11/2018). Sedangkan penghargaan kedua diserahkan oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) RI, AAGN Puspayoga pada Puncak Penganugerahan Gebyar UKM Indonesia 2018, Kamis (15/11/2018), di Graha Widya Bhakti, Serpong, Tangerang Selatan.

Penghargaan Terbaik 1 Penanggulangan Kemiskinan Tingkat Provinsi Jambi dengan Kategori “Program Inovasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah 2018 merupakan bukti nyata atas kinerja Pemkot Jambi selama ini yang dinilai berhasil menanggulangi kemiskinan perkotaan dengan membangun berbagai inovasi yang mendukung kinerja organisasi perangkat daerah dalam mengurangi angka kemiskinan di Kota Jambi.

Sedangkan Penghargaan Natamukti diberikan kepada kota dan/atau kabupaten yang berhasil dalam memasarkan, mendorong peningkatan kualitas, serta membangun ekosistem UMKM di daerahnya. Penghargaan tersebut diinisiasi oleh International Council for Small Business (ICSB), bersama dengan Kementerian KUKM RI.

 

ICSB adalah sebuah organisasi nirlaba internasional didirikan pada tahun 1955 yang bertujuan mendukung pertumbuhan serta perkembangan usaha kecil dan menengah di seluruh dunia. Organisasi ini mempertemukan para akademisi, peneliti, pembuat kebijakan, dan praktisi dari seluruh belahan dunia yang berfungsi sebagai empat pilar utama ICSB untuk berbagi pengetahuan dan keahliannya di bidang masing-masing.

Dalam sambutannya Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) RI, AAGN Puspayoga menyampaikan bahwa UKM menjadi sangat strategis dan penting dalam dunia kewirausahaan di Indonesia.

“Sebagai penggerak roda perekonomian utama di Indonesia, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi perhatian pemerintah dan lembaga internasional saat ini. Ekosistem UMKM yang kondusif hanya bisa dicapai dengan kontribusi dari berbagai pihak seperti praktisi bisnis, akademisi dan peneliti. Selain itu, peran pemerintah daerah dalam mendukung UMKM menjadi pilar pendorong utama ekonomi lokal,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jambi dokter Maulana, menyampaikan harapannya agar Kota Jambi dapat lebih baik lagi dalam membangun iklim kondusif bagi dunia UKM, melalui berbagai strategi jitu dan kebijakan yang tepat.

“Saya mewakili Bapak Wali Kota Jambi menerima penghargaan dari Kementerian Koperasi dan UMKM, yang bekerjasama dengan ICSB, sebuah lembaga internasional di Indonesia yang concern tentang pengembangan UKM. Harapannya, semoga Pemerintah Kota Jambi kedepannya, semakin dapat membantu pengembangan UMKM di Kota Jambi, dengan cara meningkatkan kualitas produknya, kemudian rebranding dan menyiapkan pasar serta konsumennya,” ujar Wakil Wali Kota Jambi itu.

Turut hadir pula pada ajang penganugerahan penghargaan Natamukti, Staf Khusus Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) yang juga sebagai Founder dan CEO MarkPlus, Inc. Hermawan Kertajaya, Executive Vice President International Council for Small Business (ICSB) Indonesia Dr. Jacky Mussry dan beberapa kepala daerah penerima penghargaan.

Kedua penghargaan tersebut membanggakan Pemerintah Kota Jambi. Bagaimana tidak, buah kerja keras dan kerja cerdas yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Jambi, dibawah kepemimpinan Wali Kota H. Syarif Fasha, telah menuai hasil manis dengan diraihnya banyak apresiasi dalam berbagai aspek.

Oleh karenanya, diperiode kedua kepemimpinan Wali Kota H. Syarif Fasha bersama dokter H. Maulana, menjadi momentum istimewa untuk kembali menyatukan langkah dan semangat untuk membangun Kota Jambi Terkini, kota yang harmoni, membawa kesejahteraan dan kemaslahatan bagi masyarakatnya. ***

 


Kategori Kota Jambi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.