Selasa, 19 Desember 2017 | 03:24

KPUD Batanghari Terima Bukti Salinan Anggota Partai

Pengurus partai menyerahkan berkas ke KPU Batanghari.

INFOJAMBI.COM — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Batanghari, Jambi, membuka penerimaan bukti salinan keanggotaan partai, tanggal 3 – 16 Oktober 2017.

Dalam mempersiapkan pemilihan umum presiden dan legislatif 2019, KPU Batanghari menerima salinan bukti keanggotaan masing-masing partai, terutama bagi partai baru.

Ketua Divisi Hukum KPUD Batanghari, A Kadir, mengatakan, penyerahan dokumen keanggotaan setiap partai wajib dilakukan dalam mmpersiapkan keikut sertaan partai dalam pemilihan umum.

“Terutama partai baru, mereka harus menyerahkan salinan tersebut. Kami buka tanggal 3 hingga 16 Oktober 2017,” ujar Kadir.

Dikatakan, hingga saat ini baru Partai Perindo yang melakukan penyerahan data keanggotaan. Syarat yang harus dipenuhi diantaranya KTA, e-KTP atau suket, formulir lampiran 2 model F2 parpol dan E2.

Syarat minimal penyerahan keanggotaan sebanyak 308 orang sesuai peraturan PKPU no 11 tahun 2017. Bunyinya, 1.000 atau minimal 1 per seribu dari jumlah penduduk daerah. Penduduk Batanghari ada 308.249 jiwa.

Hingga saat ini baru satu partai yang menyerahkan data, karena mereka harus mendaftar melalui KPU Pusat terlebih dahulu. Setelah urusan tersebut kelir, baru mereka mengurus di KPU kabupaten.

Penyerahan dokumen wajib untuk semua partai. Mereka harus menyerahkan berkas salinan bukti keanggotaan. Bagi yang tidak menyerahkan data, tidak dapat mengikuti tahap selanjutnya.

Untuk partai lama yang tercatat mengikuti Pemilu 2014, tidak mengikuti tahapan selanjutnya. Verifikasi faktual tidak menjadi masalah sesuai UU 7/2017.

“Bagi partai baru yang tidak melakukan tahapan tersebut, otomatis tidak dapat ikut serta dalam pemilu legislatif dan presiden,” jelas Kadir.

Kadir menghimbau partai yang belum menyerahkan berkas agar lebih cepat, sehingga jika terjadi kesalahan dapat diperbaiki sebelum tanggal 16 Oktober 2017.

“Lebih cepat lebih baik,” tandasnya. (Raden Soehoer — Jambi)

 

Kategori Politik

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.