Kunjungan ke Jambi Bak Presiden, Menteri Pertanian Usir Jurnalis

Editor: Ramadhani

Perlakuan pengusiran oleh Mentan Syahrul terekam kamera jurnalis. (Ist)

INFOJAMBI.COM – Sejumlah jurnalis dari berbagai media memprotes bak Presiden, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo ke Jambi.

Bahkan Syahrul turun tangan langsung mengusir jurnalis untuk keluar. Perlakuan pengusiran terjadi Sabtu (6/11) dan terekam oleh kamera jurnalis di lokasi acara.

Saat itu, Syahrul dan sejumlah pejabat daerah hendak memasuki gudang biji pinang CV Indokara beralamat di Jalan Suak Kandis, Desa Pudak III, Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi.

“Kami diundang untuk meliput acara pelepasan ekspor pinang ke Pakistan yang dilakukan menteri,” ujar Jurnalis Kompas TV, Suci Anissa.

Tak hanya jurnalis, petugas humas Balai Karantina Pertanian yang melakukan pengambilan gambar ikut diusir.

Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Jambi itu berkata, sebelum kedatangan menteri, para jurnalis berdiri sebelah kiri gudang sesuai arahan petugas protokol.

“Sebelum liputan kami di briefing. Ketika menteri mau masuk, para unsur pengamanan menteri langsung melontarkan kata-kata media keluar, media jangan ada yang masuk. Pengusiran juga dilakukan oleh menteri,” kata dia.

Menurut Suci, perlakuan pengusiran ke jurnalis sudah berlangsung sejak hari pertamanya di Jambi, Jumat (5/11). Sebenarnya banyak hal yang akan dikonfirmasi termasuk permasalahan nasional.

“Kemarin di Balai Latihan Pertanian Jambi di Paal 16 Muaro Jambi, boleh masuk hanya satu media, jadi untuk apa kami yang diundang. Menteri juga ngusir saat mau door stop,” sebut Suci.

Suci menegaskan tindakan yang dilakukan Syahrul Yasin Limpo sangat tidak menghargai profesi jurnalis yang bekerja untuk mengabarkan informasi yang layak dipublikasi.

Jurnalis di Jambi membandingkan dengan kunjungan Presiden Joko Widodo yang memiliki pengamanan super berlapis tapi mudah untuk urusan pemberitaan.

Atas kejadian itu, IJTI Jambi telah melaporkan hal ini kepada IJTI Pusat untuk ditindaklanjuti. Berharap Presiden Jokowi menegur Syahrul Yasin Limpo.

Kategori Daerah

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.